Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Evakuasi QZ8501, Telkomsel Perkuat Jaringan

Kompas.com - 31/12/2014, 14:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel juga turut memberikan dukungan dalam proses evakuasi korban pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di perairan dekat Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

"Bentuk dukungan yang diberikan Telkomsel dalam upaya pencarian/evakuasi pesawat dan korban dilakukan dalam bentuk penguatan jaringan, posko layanan dan bantuan langsung," demikian pernyataan tertulis Telkomsel yang diterima KompasTekno, Rabu (31/12/2014).

Penguatan jaringan dan peningkatan kapasitas dilakukan Telkomsel di beberapa titik di Pangkalan Bun, seperti di Pantai Kuba, Pelabuhan Kumai, Rumah Sakit Immanudin, dan di Area Crisis Centre yang didirikan di Pangkalan Bun.

Selain itu, Telkomsel juga menghadirkan COMBAT (compact mobile base transceiver) di bandar udara Iskandar, Pangkalan Bun.

Dengan penguatan jaringan yang dilakukan Telkomsel tersebut, diharapkan lalu lintas komunikasi baik voice (suara), SMS dan data di lokasi-lokasi yang padat akan aktivitas koordinasi terkait evakuasi tersebut akan berjalan lebih lancar.

Di samping melakukan upaya penguatan jaringan, Telkomsel juga menyediakan posko yang memberikan layanan telepon dan internet secara gratis. Posko tersebut didirikan di beberapa lokasi di Pangkalan Bun, seperti bandar udara Iskandar Pangkalan Bun, Rumah Sakit Sultan Imanudin, dan Pelabuhan Kumai.
 
Layanan yang bisa digunakan oleh petugas Badan SAR Nasional (Basarnas), keluarga korban, dan media tersebut rencananya akan berlangsung selama tiga hari atau sampai  proses evakuasi selesai. 

Selain di Pangkalan Bun, Telkomsel juga membuka posko di Bandara Internasional Juanda dan Rumah Sakit Bhayangkara, Surabaya - Jawa Timur.

“Kami turut berduka cita dengan terjadinya musibah ini, Telkomsel berharap penguatan jaringan dan layanan telekomunikasi gratis ini dapat mempermudah kerja dan koordinasi semua pihak yang terlibat dalam proses evakuasi,” demikian ujar Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com