Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Android ZTE Blade Vec Pro

Kompas.com - 01/01/2015, 14:15 WIB
Didit Putra Erlangga Rahardjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Blade Vec Pro merupakan seri ponsel Android andalan yang diperkenalkan pada akhir November oleh ZTE dan tersedia pada pertengahan bulan Desember.
Ponsel tersebut bisa disimpulkan sebagai penawaran terbaik yang bisa mereka berikan dengan spesifikasi, penawaran harga, dan fitur bagi penggemar teknologi di dalam negeri.

Kesimpulan tersebut ditarik dari pengalaman Kompas yang menjajal ponsel ini selama seminggu. ZTE meminjami satu unit ponsel dengan kondisi belum diaktifkan untuk dicoba.

Blade Vec Pro ditawarkan dengan harga Rp 2,5 juta dan beradu dengan ponsel yang memiliki rentang harga di bawah Rp 3 juta dengan spesifikasi mumpuni lainnya, seperti Mi Note atau Asus Zenfone 5.

Setidaknya ZTE bisa optimistis karena produk yang mereka persiapkan tampaknya bisa bersaing di segmen yang luas dan beragam ini.

Diawali dengan desain produk, Blade Vec Pro memiliki badan yang menyatu alias unibody, artinya tidak ada penutup belakang yang bisa dilepas dan kartu memori pun dimasukkan melalui laci yang terdapat di sisi kiri badan. Cara serupa juga digunakan untuk memasukkan dua kartu SIM berukuran mikro yang disediakan di sisi yang sama.

Didit Putra Erlangga Rahardjo/KOMPAS
ZTE Blade Vec Pro.
Penggunaan laci seperti ini di satu sisi akan membuat tampilan ponsel lebih rapi tapi menyulitkan bagi mereka yang hendak mengganti kartu sewaktu-waktu. Dibutuhkan perangkat dengan ujung kecil untuk menekan tombol berukuran sangat kecil di samping laci untuk membuatnya mencuat dan ditarik keluar. ZTE memang menyediakan perangkat tersebut tapi bagi mereka yang gemar mengganti kartu SIM tentu bakal kesulitan.

Didit Putra Erlangga Rahardjo/KOMPAS
ZTE Blade Vec Pro.
Tombol untuk mengatur kelantangan suara ada di sisi kanan sementara di bawahnya terdapat tombol daya untuk menghidupkan ponsel. Colokan micro USB serta audio berada di sisi bawah ponsel.

Aksen yang menarik dari ponsel ini terletak pada punggungnya yang dipenuhi pola anyaman sekaligus membuatnya kesat dan tidak licin sewaktu dipegang. Lubang kamera berada di pojok kiri atas, pengguna harus membiasakan sewaktu mengambil gambar agar lensa tidak tertutup jari.

Kencang

Ponsel ini memiliki layar berukuran 5 inci yang mampu menampilkan resolusi 720x1280 piksel, cukup nyaman untuk dipakai menonton video atau membaca teks sewaktu berseluncur di internet.

Yang cukup mengesankan adalah spesifikasi yang disematkan di dalam Vec Pro yakni prosesor delapan inti berkecepatan 1,4 gigahertz buatan Mediatek ditambah memory sebesar 1 gigabyte. Tanpa memperhitungkan kartu memori, sang produsen sudah menyiapkan kapasitas penyimpanan internal sebesar 8 gigabyte di dalamnya.

Setidaknya Vec Pro bisa mencatatkan hasil yang tidak mengecewakan sewaktu dijajal menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, hasilnya mampu melampaui Mi Note atau Asus Zenfone 5. (Hasil benchmark dapat dilihat gambar di bawah)

Didit Putra Erlangga Rahardjo/KOMPAS
ZTE Blade Vec Pro.
Dicoba dengan permainan tiga dimensi, Vec Pro cukup nyaman bagi pengguna untuk memainkan dengan grafis tiga dimensi. Salah satu yang dijajal adalah Spider-Man Unlimited dan ponsel ini mampu menjalankan permainan tiga dimensi dengan tempo cepat.

Baterai berkapasitas 2.300 mAh cukup tangguh untuk dipakai selama seharian meski hal ini sungguh relatif mengingat pola penggunaan ponsel setiap orang bisa berbeda-beda.

Tajam

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com