Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2015, 16:41 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Dua operator besar di Indonesia, Indosat dan Telkomsel sama-sama mengklaim berhasil mengantisipasi lonjakan lalu-lintas data dan suara saat momen tahun baru 2015. Keduanya juga mengklaim layanan data dan suara masing-masing meningkat, sementara layanan suara (voice) cenderung stagnan.

“Indosat berhasil mengantisipasi lonjakan trafik menjelang pergantian tahun 2015, kami telah mempersiapkan kenaikan trafik ini dengan meningkatkan kapasitas jaringan dan juga optimalisasi jaringan pada wilayah-wilayah dengan trafik padat saat tahun baru,” demikian terang Adrian Prasanto, Division Head Public Relations Indosat dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (2/1/2015).

Dalam mengantisipasi kenaikan trafik selama Natal 2014 dan tahun baru 2015, Indosat meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasinya baik suara, sms, maupun data.

Untuk kapasitas trafik suara menjadi 2.340 juta menit/hari (39 juta Erlang/hari), untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1.285 milyar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1075 Terabyte/hari.

“Menjelang pergantian tahun 2015, trafik suara nasional mengalami peningkatan sebesar 9,3 persen, trafik data naik 33,72 persen, dan trafik SMS naik 8,25 persen dibanding hari biasanya,” tambah Adrian.

Sementara Telkomsel, seperti disampaikan dalam keterangan tertulisnya yang diterima KompasTekno, Jumat (2/1/2014), secara nasional pada tahun baru 2014/2015 mengalami kenaikan khususnya pada layanan data.

Kenaikan terbesar terjadi pada layanan data yaitu sebesar 20 persen menjadi 1,046 TeraByte dibandingkan hari normal di tahun 2014.

Untuk layanan SMS, Telkomsel mencatat kenaikan sebesar 1 persen menjadi 977 juta SMS dibandingkan hari normal di tahun 2014. Sedangkan layanan suara mencatat penurunan sebesar 4 persen menjadi 1,3 milliar menit dibandingkan hari normal di tahun 2014.
 
Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya (2013), peningkatan layanan data terjadi amat signifikan, yaitu melonjak hingga lebih dari 124 persen. Menurut Telkomsel, hal tersebut menunjukkan tingginya pertumbuhan penggunaan mobile data di masyarakat Indonesia dari tahun ke tahun.
 
“Kami bersyukur bahwa lonjakan trafik komunikasi di periode natal dan tahun baru ini dapat dilayani dengan baik oleh jaringan kami di seluruh Indonesia, sehingga pelanggan tetap dapat menikmati kualitas terbaik dalam berkomunikasi,” ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com