Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tegra X1, Chip Mobile "Super" Besutan Nvidia

Kompas.com - 05/01/2015, 14:46 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge
Ilustrasi Nvidia Tegra X1

KOMPAS.com - Ajang eksebisi Consumer Electronics Show (CES) 2015 yang tengah berlangsung di Las Vegas AS, awal tahun ini tak disia-siakan oleh Nvidia. Pabrikan tersebut memperkenalkan sebuah chip mobile baru bernama Tegra X1.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Senin (5/1/2014), CEO Nvidia Jen-Hsun Huang menyebut Tegra X1 sebagai chip "super" karena kinerjanya yang diklaim dua kali lebih tinggi dibanding generasi terdahulu, Tegra K1.

Tegra X1 merupakan chip untuk gadget mobile pertama yang menembus kemampuan komputasi sebesar 1 teraflop. Di dalamnya tertanam pemroses grafis Maxwell yang merupakan tipe terbaru dari Nvidia.

Ketika berbicara di panggung perkenalan Tegra X1, Huang sempat mendemonstrasikan game Unreal Tournament yang dijalankan oleh chip tersebut.

Selain Tegra X1, Nvidia turut memperkenalkan modul "digital cockpit computer" bernama Drive CX. Modul yang dimotori oleh Tegra X1 ini ditujukan untuk penggunaan di industri otomotif.

Drive CX disebut mampu menjalankan 4 layar HD sekaligus, dengan resolusi total sebesar 16,6 megapixel sehingga disebut cocok untuk pemakaian di mobil yang memasang banyak layar digital.

Sejumlah hal lain terkait kegiatan mengemudi juga mampu ditangani oleh Drive CX, seperti parking assist dan adaptive cruise control.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com