Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lenovo Perkenalkan Smartband "Tinta Elektronik'

Kompas.com - 07/01/2015, 10:49 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com – Lenovo ikut terjun ke dalam persaingan wearable gadget. Produsen gadget asal Tiongkok itu menggarap gelang cerdas Vibe Band VB10 sebagai debutnya.

Smartband ini dibanderol dengan harga terjangkau dan menggunakan tinta elektronik (e-ink) sebagai layar.

Dikutip dari KompasTekno dari Cnet, Selasa (6/1/2015), VB10 merupakan gelang cerdas berbahan logam dengan strap terbuat dari karet. Kombinasi tersebut membuat smartband ini memiliki kesan sporty dan mewah.

Lenovo membekali smartband ini dengan fitur penjejak aktivitas (fitness tracking) dan smartwatch. Fitur fitness tracking di dalamnya berupa pencatat jumlah langkah, kalori, jarak yang ditempuh serta pola tidur penggunanya.

Sedangkan, fitur smartwatch berupa kemampuan menerima notifikasi telepon, pesan teks, dan jejaring sosial dari smartphone penggunanya.

Hal paling menarik dari VB10 adalah daya tahannya yang diklaim mencapai 7 hari. Pengguna juga bisa santai memakainya saat mandi.

Smartband ini memang telah mengantongi sertifikasi Ipx7 yang mengindikasikan kemampuan anti-air sampai kedalaman satu meter selama 30 menit.

Lenovo berencana meluncurkan VB10 pada April 2015. Harga banderolnya adalah 89 dollar AS atau sekitar Rp 1,1 juta. Dengan banderol tersebut, smartband besutan Lenovo ini diprediksi bakal jadi penantang jam pintar Pebble.

Pesaing Pebble

Tinta elektronik atau e-ink merupakan teknologi layar yang berupaya menirukan tampilan tinta di atas kertas. E-ink dapat memantulkan cahaya layaknya kertas biasa.

Kemampuan tersebut membuat layar jenis ini lebih nyaman ketika digunakan untuk membaca. Teknologi ini pun cenderung membuat konsumsi daya lebih hemat.

Sebelumnya telah ada sejumlah smartwatch yang menggunakan e-ink sebagai layarnya. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah Pebble. Smartwatch tersebut dibekali kemampuan pencatat aktivitas dan bisa menampilkan notifikasi dari smartphone Android serta iOS.

Saat ini ada dua jenis yang telah beredar, Pebble Watch seharga 99 dollar AS dan Pebble Steel seharga 199 dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com