Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi "Charging Kencang" Jadi Inovasi Terbaik

Kompas.com - 07/01/2015, 18:01 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Baterai pada smartphone tak ubahnya tanki bensin pada mobil. Semakin besar kapasitasnya, semakin lama smartphone bisa menyala, tapi semakin lama pula waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai.

Nah, pabrikan gadget asal Tiongkok, Oppo, menciptakan teknologi untuk mempercepat proses pengisian baterai smartphone. Teknologi bernama VOOC Rapid Charge itulah yang membawa Oppo meraih salah satu penghargaan inovasi gadget terbaik 2014 pilihan Phone Arena.

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Phone Arena, Rabu (7/1/2014), VOOC Rapid Charge dinilai berhasil mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai dengan signifikan.

Phone Arena mencontohkan Oppo Find 7a dengan teknologi VOOC Rapid Charge yang tertanam di dalamnya sanggup mengisi 75 persen baterai berkapasitas 2.800 mAh hanya dalam waktu setengah jam. Baterai bisa terisi penuh dalam waktu satu jam saja.

Sebagai perbandingan, ponsel flagship lain, seperti LG G3 dan Galaxy S5 membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi penuh baterai masing-masing.

Pengisian cepat VOOC Rapid Charge mengandalkan charger dengan arus sebesar 4,5 ampere. Meski dua kali lebih besar dibandingkan charger milik smartphone lain, arus itu tidak merusak ponsel dan baterai yang dilindungi sirkuit khusus.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai teknologi VOOC Rapid Charge, kunjungi tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com