Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Tampilan Windows 10 untuk Ponsel?

Kompas.com - 08/01/2015, 09:17 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Belum lama ini, situs Windows Phone Italy menjawab rasa penasaran bagi peminat yang ingin melihat wujud dari Windows 10 di perangkat mobile. Situs tersebut memamerkan gambar perangkat Lumia yang disinyalir berjalan di sistem operasi terbaru dari Microsoft tersebut.

Total, terdapat dua gambar yang dilansir oleh Windows Phone Italy. Gambar pertama memperlihatkan layar home. Sementara, gambar kedua terlihat seperti tampilan App Drawer.

Jika dugaan mengenai Windows 10 ini benar, tampilannya akan cukup berbeda dari Windows 8.1. Sistem operasi tersebut masih menampilkan berbagai kotak aplikasi, tetapi ada sedikit perubahan.

Seperti dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (8/1/2015), sistem operasi baru ini terlihat sudah bisa menampilkan wallpaper secara menyeluruh di bagian background atau belakang kotak aplikasi.

Sekadar informasi, pada Windows 8.1, wallpaper ditampilkan "mengisi" kotak aplikasi, bukan di bagian belakang kotak tersebut.

Windows Phone Italy
Tampilan yang diduga sebagai Windows 10
Selain itu, gambar Windows 10 ini menampilkan App Drawer atau "laci" tempat menyimpan semua ikon aplikasi yang terpasang. Pada Windows Phone generasi sebelumnya, semua ikon aplikasi ditumpuk di layar homescreen.

Microsoft mengumumkan kehadiran dari Windows 10 pada penghujung September 2014. Sayangnya, dari saat itu hingga kini, perusahaan raksasa software tersebut jarang membeberkan informasi perihal Windows 10 untuk smartphone.

Microsoft sendiri telah menghilangkan kata "Phone" dari sistem operasi terbarunya ini. Windows 10 memang dimaksudkan sebagai sistem operasi ponsel. Namun, OS ini juga akan dipakai di aneka perangkat lain, seperti tablet, PC Desktop, dan laptop sehingga menyeragamkan sistem operasi untuk semua jenis perangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com