Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iOS 8 Kini Mendominasi

Kompas.com - 08/01/2015, 13:46 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Meski hadir dengan berbagai bug mengganggu di awal kehadirannya, iOS 8 kini sudah bisa lebih diterima oleh para pengguna gadget Apple. Hal tersebut terlihat dari besarnya tingkat adopsi iOS teranyar milik Apple ini.

Melalui laman resminya, Apple mengumumkan bahwa tingkat adopsi dari iOS 8 sudah menyentuh angka 68 persen pada Januari 2015.

Nilai tersebut telah meningkat jauh dari masa-masa awal kehadirannya. Seperti dikutip KompasTekno dari Cnet, Kamis (8/1/2015), tingkat adopsi iOS 8 baru menyentuh 47 persen pada 5 Oktober 2014, meningkat ke 52 persen pada 29 Oktober, dan melonjak ke 64 persen pada 22 Desember.

Sementara, iOS versi yang lebih lawan terus mengalami penurunan tingkat adopsi. iOS 7 tercatat digunakan oleh 29 persen perangkat dan iOS 6 ke bawah berada di angka 4 persen saja.

Tingkat adopsi iOS 8 yang diumumkan oleh Apple tersebut sejalan dengan hasil analisis dari berbagai pengamat. Menurut, firma analisis mobile Mixpanel, iOS 8 telah diadopsi oleh 69,1 persen perangkat iPad, iPhone, dan iPod touch.

iOS 8 sudah bisa diunduh secara resmi pada 17 September 2014 lalu. Beberapa saat setelah dirilis, peningkatan tingkat adopsi dari iOS yang hadir dengan berbagai fitur baru ini cenderung lambat.

Mengapa lambat? Sebab pastinya tidak diketahui, namun diduga banyaknya bug yang ada di masa awal iOS 8 menjadi penyebabnya.

Pengguna langsung melaporkan berbagai masalah ketika baru menggunakan iOS versi 8.0. Untuk mengatasi masalah tersebut, Apple merilis update iOS 8.0.1, satu pekan setelah merilis iOS 8 versi awal.

Namun, update tersebut malah mendatangkan berbagai masalah baru, seperti kegagalan untuk mencari sinyal dari operator tertentu dan masalah pada sensor pemindai sidik jari di iPhone 5S dan seri iPhone 6.

Berbagai masalah pun terus terjadi, meski Apple telah merilis iOS hingga versi 8.1.2. Semua bug yang ada diharapkan sudah selesai diatasi pada iOS 8.2 yang akan dirilis Apple dalam beberapa waktu mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com