Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canon dan iPhone Paling Rajin Setor Foto ke Flickr

Kompas.com - 10/01/2015, 16:38 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Flickr, situs hosting foto dan video milik Yahoo mengklaim telah ada 10 miliar foto yang diunggah oleh 100 juta pengguna unik di situsnya sepanjang 2014. Kamera Canon dan smartphone buatan Apple tercatat sebagai yang paling rajin menyetor foto ke Flickr.

Dikutip KompasTekno dari The Next Web, Jumat (10/1/2015), Canon memuncaki merek kamera yang paling banyak digunakan di Flickr dengen persentase 13,4 persen.

Menyusul di belakangnya adalah Apple dengan persentase 9,6 persen dan Nikon di belakangnya dengan persentase 9,3 persen.

Pada peringkat empat dan lima bertengger merek Samsung dan Sony dengan persentase masing-masing 5,6 persen dan 4,2 persen.

ist
Brand kamera paling populer di Flickr
Nama Apple masuk ke dalam daftar karena Flickr tidak mengkategorikan atau memisahkan brand atau tipe kamera, namun menggabungkan semuanya termasuk kamera smartphone, termasuk kamera mirrorless dan DSLR.

Yang menarik, brand Apple ternyata menggeser posisi Nikon yang pada tahun 2013 lalu berada di belakang Canon. Seperti ditampilkan dalam tabel, di tahun 2013 Nikon berada di urutan kedua dengan persentase 8,8 persen, sementara Apple di peringkat tiga dengan persentase 7,7 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa tren fotografi mobile dengan perangkat smartphone, khususnya iPhone kian diminati.

Dalam hal model smartphone, iPhone 5 masih menjadi yang populer. iPhone 5 bertahan sepanjang tahun 2013 dengan persentase 7,6 persen dan pada tahun 2014 jumlahnya bertambah menjadi 10,6 persen.

ist
Daftar smartphone paling populer yang digunakan di Flickr
Dalam kategori kamera mirrorless, Olympus E-MS memimpin selama dua tahun berturut-turut dengan persentase yang relatif tetap, yaitu 4,7 persen. Menyusul di belakangnya adalah brand-brand Sony, seperti Sony A7 dan Sony NEX-6.

ist
Daftar kamera mirrorless terpopuler di Flickr
Di kategori kamera DSLR sendiri, Canon EOS 7D masih tetap meraja dengan persentase 2,4 persen yang dibuntuti oleh Nikon D7000.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com