Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapdragon 810 Dilengkapi “Tombol Bunuh Diri”

Kompas.com - 12/01/2015, 08:05 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Wacana “kill switch” alias fitur untuk mematikan smartphone secara permanen dari jarak jauh ramai dibicarakan sebagai sarana untuk menekan angka pencurian smartphone dan kehilangan data.

Sistem operasi Android 5.0 Lollipop terbaru telah dilengkapi dengan kill switch, begitu juga iOS 8 dan Windows Phone 8.1.

Memasuki 2015, kemampuan “tombol bunuh diri” ini semakin banyak diterapkan oleh para produsen hardware dan software. Salah satunya adalah Qualcomm yang membenamkan kill switch dalam chip mobile terbarunya, Snapdragon 810.

Sebagaimana dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Senin, (12/1/2014), fitur bernama SafeSwitch itu nantinya memungkinkan pengguna perangkat berbasis Snapdragon 810 untuk menyetel password, menghapus dan mengembalikan data, serta mencari lokasi dan mengunci perangkat yang dicuri dari jarak jauh.

Qualcomm mengklaim bahwa pengamanan SafeSwitch hampir tak bisa ditembus karena berbasis hardware yang tertanam langsung pada chip Snapdragon 810. SafeSwitch diaktifkan pada tahap awal proses booting, sebelum loading firmware.  

SafeSwitch sebenarnya telah diperkenalkan sejak September tahun lalu, namun baru belakangan ini dipastikan bakal hadir pada Snapdragon 810. Belum diketahui kapan chip lain dari Qualcomm akan memperoleh fitur serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com