Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Karyawan Google Tiru Tablet Microsoft

Kompas.com - 12/01/2015, 10:05 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Tiga orang mantan teknisi Google, Jeremy Zhou, David Ko dan Ben Luk, menciptakan sebuah tablet yang terinspirasi dari Microsoft Surface. Mereka menyebutnya sebagai Remix Ultra Tablet.

Ketiga mantan teknisi Google tersebut sebelumnya terlibat dalam pembuatan produk Maps serta mesin pencari. Selepas dari Google mereka mendirikan Jide Technology pada 2014. Tablet Remix ini adalah buah karya perusahaan itu.

Remix memiliki papan ketik yang terpasang menggunakan magnet serta sebuah penyangga. Penampilan kedua fitur fisik itulah yang membuat tampilan luarnya serupa dengan tablet Surface.

Namun kemiripan tak berhenti pada soal tampilan fisik saja. Dikutip KompasTekno dari The Verge, Senin (12/1/2015), tablet ini berbekal sistem operasi Remix OS dengan fitur email client yang mirip dengan milik Windows.

Remix OS sejatinya merupakan Android yang telah dimodifikasi. Jide Technology merancangnya agar dapat bekerja layaknya sebuah PC klasik, namun tetap bisa menjalankan aplikasi dari Google Play Stores.

Ketika menyalakan tablet ini pertama kali, Anda akan disambut home screen khas Android. Tapi liriklah ke bawah layar, maka terlihat sebuah taskbar seperti yang biasa ditemukan pada PC. Anda pun bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

Tablet yang dipamerkan di Consumer Electronic Show (CES) 2015 itu dibekali dapur pacu prosesor Nvida Tegra 4+1 dan RAM 2GB. Layarnya berukuran 11,6 inci dengan ketajaman 1920 x 1080 piksel.

Jide Technology berencana merilis produk tersebut di Amerika Serikat (AS) dan Inggris pada kuartal dua atau tiga 2015. Banderol harganya 349 dollar AS atau sekitar Rp 4,4 juta untuk model dengan memori 16GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com