Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel "Optical Zoom" Samsung Sudah Ada sejak 2004

Kompas.com - 12/01/2015, 16:27 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Asus menggebrak di pagelaran Consumer Electronics Show 2015 dengan merilis produk bernama ZenFone Zoom, sebuah smartphone berbasis Android yang dilengkapi fitur kamera mumpuni.

Hadir dengan kamera 13 megapiksel, Zoom sudah dilengkapi dengan teknologi optical zoom hingga tiga kali. Asus mengklaim, meski sudah di-zoom, kualitas gambar yang dihasilkan dari kamera tersebut tidak akan berkurang terlalu jauh.

Hingga saat ini, ponsel yang dilengkapi dengan kemampuan optical zoom memang terbilang sedikit. Seperti KompasTekno kutip dari Phone Arena, Senin (12/1/2015), vendor enggan membuat ponsel dengan spesifikasi tersebut karena biasanya fitur optical zoom membutuhkan lensa kamera yang tebal. Tentunya, hal tersebut akan mengorbankan ketebalan dari sebuah perangkat.

Meski begitu, ternyata ada sebuah perusahaan yang cukup rajin merilis ponsel dengan kemampuan tersebut. Perusahaan tersebut adalah Samsung.

Sejarah panjang ponsel dengan optical zoom sendiri sebenarnya diawali oleh perusahaan bernama Sharp. Pada Juni 2004, perusahaan Jepang ini meluncurkan V602SH, sebuah ponsel dengan kamera optical zoom hingga dua kali.

Phone Arena
Kiri, Samsung SPH-S230. Kanan, Samsung SCH-W880
Satu bulan kemudian, Samsung baru mengikuti langkah Sharp dengan merilis SPH-S2300. Perangkat ini menawarkan kemampuan kamera yang lebih baik dari milik Sharp, yaitu kamera 3,2 megapiksel dan melakukan optical zoom hingga 3 kali. Ia juga dilengkapi fitur auto fokus, lampu flash xenon, mode manual, dan ISO 400.

Kemudian, perusahaan yang kerap dipanggil Sammie ini merilis SPH-V7800, ponsel yang dilengkapi kamera 5,2 megapiksel dan kemampuan optical zoom hingga 3 kali.

Sayangnya, kedua seri tersebut tidak pernah dijual di luar Korea Selatan. Oleh karena itu, sangat wajar apabila keduanya sangat jarang dikenal.

Setelah itu, Samsung masih merilis banyak lagi ponsel dengan kamera optical zoom. Pada tahun 2005, Samsung merilis SCH-V770 dengan kamera 7 megapiksel dan kemampuan 3 kali optical zoom.

Ada juga SCH-B600 yang dirilis pada 2006 yang dipersenjatai kamera 10 megapiksel dengan optical zoom 3x. Pada tahun 2009, Samsung masih belum selesai dengan merilis SCH-W880 yang dilengkapi kamera 12 megapiksel dan kemampuan 3 kali optical zoom.

Pada era Android sendiri, Samsung merilis Galaxy K Zoom dengan kamera 20 megapiksel dan kemampuan 10 kali optical zoom.

Setelah K Zoom, Samsung belum mengumumkan lagi ponsel baru dengan kemampuan optical zoom. Namun, dengan dirilisnya Asus ZenFone Zoom di awal tahun, siapa tahu perusahaan tersebut akan tergoda untuk merilis perangkat baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com