Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Siapkan Penerjemah Obrolan "Real Time"

Kompas.com - 12/01/2015, 19:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com — Google Translate akan dibekali fitur penerjemah pembicaraan secara real time. Sebelumnya, pengguna harus merekam pembicaraan, lalu menanti beberapa waktu untuk memperoleh hasil terjemahan.

Raksasa internet itu pun dikabarkan sedang menggarap pemutakhiran aplikasi mobile Google Translate. Pemutakhiran ini dibekali fitur yang membuatnya otomatis mendeteksi pembicaraan, lalu menerjemahkannya.

Seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Senin (12/1/2015), Google memanfaatkan teknologi cloud dengan aplikasi mobile untuk mewujudkan penerjemahan real time tersebut.

Fitur penerjemahan ini jadi bermanfaat bagi para pelancong karena bisa dijangkau dengan mudah menggunakan aplikasi. Penggunanya cukup menyalakan aplikasi, lalu memegang smartphone-nya sambil berbicara, terjemahan pun langsung diproses.

Selain penerjemah pembicaraan, Google Translate saat ini telah sanggup menerjemahkan 90 bahasa secara tertulis.

Google Translate juga sudah diterapkan untuk menerjemahkan laman web. Fitur penerjemah laman web ini disematkan dalam peramban Chrome dan dijalankan hanya dengan satu klik pada ikon Google Translate.

Fitur penerjemahan real time bukanlah hal baru. Sebelumnya, Microsoft telah menerapkan ide itu ke dalam Skype di Windows 8.1. Hasilnya membuat pengguna yang berbeda bahasa bisa langsung bercakap-cakap tanpa harus mempelajari bahasa masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com