Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Gugat Ericsson gara-gara 4G

Kompas.com - 16/01/2015, 10:20 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com — Apple menggugat Ericsson gara-gara persoalan paten teknologi 4G. Permasalahannya bukan soal pelanggaran paten, melainkan soal biaya royalti yang dinilai terlalu mahal.

Apple menganggap paten teknologi 4G "besutan" perusahaan asal Swedia itu bukan sesuatu yang mutlak harus digunakan dalam industri seluler. Paten tersebut tidak penting dan Ericsson meminta bayaran royalti yang terlalu tinggi.

Seperti dilansir KompasTekno dari Reuters, Jumat (16/1/2015), perhitungan pembayaran royalti yang dimaksud adalah persentase dari harga keseluruhan smartphone atau tablet.

Menurut pembuat iPhone itu, royalti seharusnya dibayarkan dengan perhitungan berbeda. Royalti sebaiknya dihitung dari harga komponen prosesor yang membawa teknologi 4G tersebut.

"Kami bersedia membayarkan harga yang proporsional untuk hak paten dan standar teknologi penting yang digunakan dalam produk kami. Sayangnya, kami tidak setuju dengan proporsi harga yang diterapkan Ericsson untuk patennya. Jadi, kami memilih cara terakhir melalui bantuan pengadilan," kata juru bicara Apple Kristin Huguet.

Saat ini, Apple dan Ericsson punya perjanjian lisensi yang meliputi paten-paten penting. Perjanjian tersebut sudah ditandatangani sejak 2008 lalu ketika Apple pertama kali meluncurkan iPhone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com