Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus T100TA, Tablet dan Netbook Sekaligus

Kompas.com - 20/01/2015, 14:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Konsep perangkat gabungan antara tablet dan komputer laptop dalam beberapa tahun terakhir banyak mengemuka.

Perangkat macam itu bisa berubah bentuk dari tablet menjadi laptop -lengkap dengan keyboard- menggunakan mekanisme yang implementasinya bermacam-macam. Ada yang menggunakan layar dengan engsel yang bisa diputar, ada pula yang layarnya bisa dicopot.

Nah, Transformer T100TA dari Asus ini adalah salah satunya. Sebagai perangkat "hybrid", ia sejatinya adalah sebuah tablet yang memuat semua komponen inti di bagian layar.

Unit tablet tersebut lantas bisa ditancapkan ke keyboard docking sehingga ia berubah bentuk menjadi serupa notebook. Seperti apa rupa Transformer T100TA? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Ala Netbook

Perangkat yang bernama lengkap Asus Transformer Book T100TA-DA053H ini mungkin lebih tepat disebut sebagai gabungan tablet dengan netbook karena ukuran layarnya yang sebesar 10,1 inci, mirip dengan komputer netbook yang populer beberapa tahun lalu.

Beberapa bagian tubuhnya, seperti belakang layar dan docking keyboard, dilapis bahan logam bertekstur yang memberi kesan mewah sekaligus kokoh.

Unit yang diterima oleh KompasTekno berwarna merah. Asus juga menyediakan pilihan warna abu-abu.

 

Oik Yusuf/ Kompas.com
Tampak depan Asus Transformer T100TA

Keyboard docking milik Transformer T100TA akan menyulapnya dari tablet menjadi netbook. Ukurannya pun otomatis bertambah tebal dan berat.

Tapi di sinilah letak salah satu keunikan Transformer T100TA. Docking tersebut bukan sekedar aksesoris keyboard biasa.

Di dalamnya terdapat harddsik dengan kapasitas peyimpanan mencapai 500 GB. Dengan menancapkan Trasnformer T100TA ke unit keyboard docking, pengguna pun bisa menambah ruang penyimpanan data yang tersedia.

Oik Yusuf/ Kompas.com
Docking keyboard Asus Transformer T100TA memuat sebuah port USB 3.0 ukuran standar
Oik Yusuf/ Kompas.com
Sisi sebaliknya dari keyboard docking Asus Transformer T100TA memuat slot micro-SD (hingga 64 GB), konektor jack audio 3,5mm, mini-HDMI, dan micro-USB untuk charging

Unit docking keyboard sekaligus menyediakan konektor USB 3.0 berukuran standar sehingga pengguna bisa menancapkan perangkat-perangkat USB seperti printer, flashdisk, atau mouse. Sayang jumlah konektor ini hanya satu buah saja.

Sebuah konektor terletak di salah satu sisi tablet unuk memfasilitasi sambungan dengan engsel di unit docking keyboard.

Untuk memisahkan keduanya saat terpasang, cukup tekan sebuah tombol yang berada di bagian engsel ini, lalu tarik bagian tablet agar terpisah dari docking.

Sebelum melepas, disarankan agar melakukan prosedur “safely remove hardware” lewat antarmuka Windows untuk mencegah kerusakan pada harddisk (dalam docking keyboard) yang dalam hal ini diperlakukan layaknya media penyimpanan eksternal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com