Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google dan SpaceX Sebar Internet ke Mars

Kompas.com - 20/01/2015, 14:59 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Read Write
KOMPAS.com - Ambisi Google untuk menyebarkan akses internet ke daerah-daerah yang belum terjamah bakal terealisasi. Tak hanya di Bumi, namun hingga ke Planet Mars.

Dilansir dari KompasTekno (20/1/2015) dari ReadWrite, raksasa teknologi tersebut merencanakan kerjasama dengan perusahaan transportasi luar angkasa, SpaceX, dalam mewujudkan visinya.

CEO SpaceX, Elon Musk mengatakan, perusahaannya akan membangun ribuan satelit internet luar angkasa untuk mengirim jaringan internet ke daerah-daerah yang belum terjangkau internet. Menurutnya, proyek ini memungkinkan koneksi internet yang jauh lebih cepat dan murah karena tidak terhalang kabel terestrial.

"Ini adalah pembangunan sistem komunikasi global terbesar yang pernah direncanakan sepanjang sejarah," kata Musk.

Lebih jauh, proyek ini juga memungkinkan koneksi internet hingga ke Mars. "Penting bagi Mars untuk turut memiliki jaringan komunikasi global," imbuh Musk. Perlu diketahui, badan antariksa AS, NASA memprediksikan Mars akan menjadi planet kehidupan manusia di masa depan.

Satelit-satelit yang dibangun SpaceX akan melayang pada orbit rendah, yakni 22.000 mil di atas bumi. Adapun unit-unit bawahannya hanya akan melayang pada ketinggian 750 mil di atas bumi.

Proyek ini, kata Musk, membutuhkan waktu lima tahun untuk pembangunannya. Dana yang dibutuhkan juga tak sedikit, mencapat 10 miliar dolar AS. Rencananya, Google akan menginvestasikan dana sebesar 1 miliar dolar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com