Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Bakal Bersihkan Linimasa dari "Pengganggu"

Kompas.com - 21/01/2015, 13:17 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Facebook bakal menghapus segala bentuk informasi pada linimasa (news feed) penggunanya yang dianggap "mengganggu". Hal ini menanggapi maraknya kemunculan informasi-infromasi yang sumbernya tak jelas di linimasa Facebook.

Informasi "pengganggu" tersebut mendadak muncul, biasanya dari akun yang namanya tak lazim digunakan sebagai nama orang atau institusi, misalnya "gantengers crew" atau "serious news". Akun-akun itu sebelumnya tak pernah meminta atau diminta pengguna untuk menjalin pertemanan di Facebook.

Yang paling mengganggu, akun-akun tersebut menjejali linimasa dengan kabar burung, kontes palsu, bahkan penipuan, dalam bentuk tautan, status, foto, maupun video.

Dilansir KompasTekno, Rabu (21/1/2015) dari TheVerge, Facebook akan menelusuri tautan, foto, video, dan status yang banyak dilaporkan pengguna sebagai konten palsu atau spam.

Lebih lanjut, Facebook juga akan mengusut akun yang sering membagi informasi "mengganggu". Cara mengukurnya, Facebook akan menelusuri seberapa banyak informasi yang dibagi akun tersebut, yang kemudian dihapus oleh pengguna lain dari linimasanya.

"Informasi berupa tautan ke sebuah artikel yang banyak dilaporkan sebagai kabar bohong atau banyak dihapus dari linimasa pengguna akan dibersihkan," kata perwakilan Facebook.

Pertanyaan selanjutnya, apakah konten-konten satir yang sering dilayangkan pengguna lewat Facebook juga akan dibabat? Ternyata tidak. "Dari beberapa tes, kami melihat bahwa pengguna cenderung menganggap konten satiris sebagai konten humor. Akun yang sering membagi konten satiris tak perlu khawatir," pihak Facebook menjelaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com