Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Resmikan Spartan Sebagai Pengganti IE

Kompas.com - 22/01/2015, 13:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Bersamaan dengan pengenalan sistem operasi Windows 10 ke publik, Microsoft juga memperkenalkan peramban (browser) baru pengganti Internet Explorer yang diberi nama Project Spartan.

Namun, peramban baru yang sebelumnya santer dirumorkan tersebut nampaknya belum akan disertakan dalam versi Preview Windows 10. Belum pasti kapan Micorosft akan menyediakan Spartan bagi pengembang dan pengguna Windows 10.

Joe Belfiore, Corporate Vice President Operating Systems Group Microsoft, dalam presentasinya saat memperkenalkan Spartan juga tidak menyebut detail teknis mesin peramban baru Microsoft itu.

Dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (21/1/2015) Belfiore hanya menyebut mesin baru yang diusung Spartan bisa menarik minat pengguna Windows di masa mendatang untuk menjajal Windows 10.

Seperti bocoran-bocoran sebelumnya, browser Spartan akan mendukung fitur asisten virtual Cortana yang akan menampilkan beragam informasi di halaman web yang sedang dibuka pengguna.

Tab di browser Spartan yang berada di sisi atas juga akan menampilkan preview kecil dari halaman web yang sedang berjalan. "Fokusnya adalah konten di halaman tersebut," demikian ujar Belfiore.

Sementara dalam hal desain, Spartan lebih fokus pada kesederhanaan. Microsoft belum menujukkan fitur wajib yang dimiliki browser lain, seperti halaman bookmark dan detail lainnya.

Untuk melihat seperti apa detail browser terbaru Microsoft ini, pengguna masih harus menunggu hingga mereka merilis Windows 10 Preview dengan Spartan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com