Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Google Berambisi Jadi Operator Seluler?

Kompas.com - 24/01/2015, 10:52 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Google sudah dikenal sebagai perusahaan teknologi yang besar. Namun baru-baru ini terungkap langkah raksasa teknologi itu akan mengarah pada visi mendirikan layanan internet sendiri atau menjadi operator.

Informasi yang beredar menyebutkan Google akan menerapkan model Mobile Virtual Networks Operator (MVNO) melalui proyek Nova. MVNO merupakan sebutan untuk penyedia layanan komunikasi yang tidak memiliki infrastrukturnya sendiri.

Bila proyek ini terwujud, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (23/1/2015), mereka akan memiliki kendali lebih fleksibel terhadap jaringan nirkabel.

Fleksibilitas dalam pengendalian jaringan ini penting bagi Google. Dengan memegang kendali jaringan, berarti mereka bisa ikut campur untuk mengoptimalkan pengalaman yang dirasakan pengguna gadgetnya. Misalnya dengan cara menjual Google Nexus yang berisi kartu SIM milik Google.

Pengguna pun diprediksi akan memperoleh jangkauan yang lebih luas. Sebabnya adalah Google Nova mengumpulkan dan menggunakan infrastruktur milik beberapa operator berbeda melalui kerjasama.

Usaha menjadi operator bukanlah langkah pertama bagi Google. Masih ada sejumlah proyek lain yang mirip. Sebut saja Google Fiber, Project Loon Proyek yang disebut sebagai Google Nova, akan memanfaatkan jaringan dan infrastruktur milik T-Mobile dan Sprint. Keduanya merupakan perusahaan telekomunikasi besar di Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com