Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paten Baru Apple Bikin Efek Foto Otomatis Aktif

Kompas.com - 24/01/2015, 13:14 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini orang harus memilih serta melakukan pengaturan manual bila ingin mempercantik foto dengan efek. Namun bila paten Apple terbaru ini terwujud, efek-efek foto akan bisa diterapkan secara otomatis.

Paten Apple tersebut berisi metode yang memungkinkan pengguna mengatur efek otomatis untuk fotonya. Namun pengguna tetap mesti mengatur hal-hal yang jadi pemicu aktifnya efek tersebut.

Contohnya, pengguna bisa mengatur agar foto dengan efek warna merah otomatis muncul saat foto dilakukan di rumah, sedangkan foto warna biru bisa otomatis muncul saat foto dilakukan di kantor.

Seperti yang KompasTekno lansir dari The Next Web, Jumat (23/1/2015), smartphone yang menerapkan paten itu akan menggunakan GPS-nya untuk mendeteksi lokasi pengguna.

Selain itu ada juga pemicu lain yang bisa diterapkan. Salsh satunya adalah efek zoom-in atau zoom-out yang otomatis aktif bila ada suara tertentu di latar belakang.

Paten tersebut terdaftar dalam United States Patent - 8,933,960 Image Alteration Techniques pada 13 Januari 2015. Di dalamnya tercatat nama Senior Manager, Audio Design and Engineering Apple Aram Lindahl dan Engineering Manager for iOS GPU Software Kelvin Chiu.

Sayangnya tak ada jaminan bahwa paten ini akan segera diterapkan Apple pada perangkat-perangkat buatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com