Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usaha Qualcomm agar Galaxy S6 Tetap Pakai Snapdragon

Kompas.com - 26/01/2015, 11:00 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber GSM Arena
KOMPAS.com - Samsung berencana untuk menanggalkan prosesor Snapdragon 810 dalam perangkat unggulannya, Galaxy S6. Mengantisipasi hal tersebut, Qualcomm selaku produsen chipset Snapdragon berencana membuat chip khusus untuk Samsung.

Informasi yang diperoleh dari sumber anonim, mengungkapkan bahwa chip Snapdragon 810 yang diuji pakai oleh Samsung ternyata mengalami panas berlebih (overheat). Mereka pun memutuskan menggunakan chipset mereka sendiri, Exynos.

Karena itu, menurut sumber dalam Qualcomm kepada GSM Arena, Sabtu (24/1/2015), Qualcomm mengembangkan versi update chipset-nya agar dipakai oleh Samsung.

Menurut sumber yang tidak mau disebut namanya itu, chipset Snapdragon 810 modifikasi tersebut akan tersedia untuk Samsung pada bulan Maret mendatang.

Hal tersebut memunculkan pertanyaaan apakah Qualcomm bisa mengejar tenggat waktu peluncuran Galaxy S6 atau tidak.

Prosesor Snapdragon buatan Qualcomm telah lama mendominasi pasar smartphone. Bahkan, mereka disebut-sebut sebagai salah satu yang mendapat keuntungan paling banyak seiring naiknya jumlah pengguna smartphone.

Prosesor Qualcomm juga dipakai smartphone-smartphone kelas atas, seperti LG G Flex 2 dan Xiaomi Mi Note Pro. Belum jelas apakah update tersebut hanya ditujukan bagi Samsung atau juga vendor-vendor lain.

Samsung sendiri merupakan pelanggan terbesar kedua bagi perusahaan yang bermarkas di San Diego itu. Dari seluruh penjualan yang dilakukan Qualcomm, 12 persennya berasal dari Samsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com