Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situs Malaysia Airlines Dijahili Peretas

Kompas.com - 26/01/2015, 12:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Situs milik maskapai nasional Malaysia, Malaysian Airlines dijahili oleh kelompok yang menamakan dirinya Lizard Squad.

Menurut pantauan KompasTekno, situs Malaysia Airlines sempat diretas pada Senin (26/1/2015) pagi. Halaman depan situs dipasangi gambar pesawat Airbus A380 dengan tulisan "404 Plane Not Found."

Aksi peretasan tersebut sempat dikeluhkan oleh beberapa pengunjung web Malaysia Airlines di jejaring sosial, sebab mereka tidak bisa mengecek harga tiket atau melakukan pemesanan tiket.

Pihak Malaysia Airlines sempat memperbaiki halaman utama mereka. Namun pada siang hari, situs tersebut diubah tampilannya.

Kali ini, peretas mengubah halaman utama, www.malaysiaairlines.com dengan foto kadal bertopi dan jas, menggunakan latar belakang warna hitam, tetap dengan tulisan "404 - Plane Not Found" warna merah. Kelompok peretas itu juga menyertakan akun Twitter milik mereka di halaman utama situs Malaysia Airlines.

Melalui tulisan tersebut, kelompok peretas yang menamakan dirinya Lizard Squad seolah menyampaikan pesan kepada maskapai Malaysia Airlines tentang kasus MH370.

MH370 adalah penerbangan Malaysia Airlines rute Kuala Lumpur - Beijing yang hilang sejak 8 Maret 2014. Hingga kini, nasib pesawat beserta 239 penumpang dan kru-nya masih belum diketahui.

Lizard Squad sendiri adalah kelompok peretas yang cukup terkenal. Mereka jugalah dalang dibalik peretasan jaringan PlayStation dan Xbox Live yang terjadi pada Desember 2014 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com