Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cyanogen Bakal Giring Android Lepas dari Google

Kompas.com - 26/01/2015, 13:03 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Akhir tahun lalu, CEO Cyanogen Kirt McMaster, melanturkan pernyataan kontroversial. Bos perusahaan pembuat custom ROM Android menyebut Google sebagai tirani bagi Android. Ia juga mengatakan bahwa Samsung tak akan mampu membangun sistem operasi sendiri.

Yang terbaru, McMaster memaparkan visi masa depan Cyanogen OS untuk lepas dari segala yang berkaitan dengan Google. Selain itu, ia akan membantu melepaskan ketergantungan Android terhadap perusahaan mesin pencari tersebut.

Dikutip KompasTekno (26/1/2015) dari AndroidAuthority, McMaster mengakui bahwa Cyanogen OS saat ini masih membutuhkan Google untuk layanan-layanan, seperti Play Store, Gmail, dan Maps. Namun, Cyanogen mengklaim akan segera mengatasi masalah tersebut.

Perusahaan ini akan bekerjasama dengan beberapa pihak untuk membuat toko aplikasi sendiri dalam 18 bulan ke depan.

"Kita sedang membuat versi Android yang lebih terbuka. Hal ini akan dimungkinkan dengan kerjasama beberapa startup. Kita tak akan lagi meluncurkan aplikasi-aplikasi kecil yang ujung-ujungnya akan diakuisisi Google atau Apple," McMaster menjelaskan.

McMaster mengakui bahwa untuk mengimplementasikan wacananya, dibutuhkan kerja keras yang lebih. Ia menyadari ke depannya akan banyak mengalami rintangan.

Namun, McMaster meyakini dalam waktu tiga hingga lima tahun ke depan, tak akan lagi ada ketergantungan Cyanogen dan Android terhadap Google.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com