Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lepas BlackBerry, Cara Marissa Mayer Selamatkan Yahoo

Kompas.com - 26/01/2015, 14:58 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Wanita berparas cantik bernama Marissa Mayer membawa banyak perubahan setelah menduduki posisi CEO Yahoo pada tahun 2012. Salah satunya adalah keputusan mengganti ponsel BlackBerry milik karyawannya dengan perangkat buatan Samsung dan Apple.

Cerita perihal keputusan pergantian perangkat tersebut dituliskan oleh Nicholas Carlson dalam buku barunya yang berjudul Marissa Mayer And The Fight To Save Yahoo. Dalam buku tersebut, Carlson banyak menuliskan sepak terjang Mayer dalam menyelamatkan Yahoo.

Menurut Carlson, awalnya pegawai Yahoo masih lebih memilih menggunakan dan meminta perangkat buatan BlackBerry sebagai ponsel untuk pekerjaan. Akan tetapi, permintaan tersebut tidak disetujui oleh Mayer.

Alasannya? Seperti KompasTekno kutip dari Business Insider, Senin (26/1/2015), Mayer percaya bahwa Yahoo butuh untuk berubah menjadi perusahaan yang mengutamakan industri mobile.

Oleh karena itu, masih menurut Mayer, setiap karyawan sudah seharusnya menggunakan perangkat yang lebih baru atau modern. Secara khusus, Mayer meminta perangkat baru tersebut harus mendukung atau bisa menjalankan aplikasi buatan Yahoo.

"Kami ingin memastikan bahwa semua orang dapat merasakan pengalaman menggunakan smartphone. Jadi, kami mengucapkan selamat tinggal kepada BlackBerry. Kami tidak akan lagi memberikan BlackBerry (kepada karyawan)," kata Mayer dalam sebuah rapat di September 2012 lalu.

Sebagai pengganti BlackBerry, Yahoo menyediakan berbagai pilihan perangkat terbaru kala itu, seperti iPhone 5 dari Apple, Galaxy S3 dari Samsung, Lumia 920 dari Nokia, One X, dan EVO 4G LTE dari HTC.

Mayer sendiri dikenal telah menghadirkan berbagai perubahan di Yahoo. Salah satunya adalah dengan memberikan fasilitas makanan gratis untuk karyawan.

Mayer juga melarang karyawannya untuk bekerja dari rumah. Tujuannya adalah untuk mempererat komunikasi dan kolaborasi para karyawannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com