Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Lite Cocok untuk Android "Low-end"

Kompas.com - 26/01/2015, 19:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook membuat versi "ringan" dari aplikasi mobile-nya, yang disebut dengan Facebook Lite. Aplikasi tersebut ditujukan untuk perangkat Android dengan spesifikasi rendah (low-end).

Dikutip KompasTekno dari Techcrunch, Minggu (25/1/2015), Facebook Lite merupakan versi penyederhanaan dari situs mobile Facebook yang pernah digunakan pada tahun 2009-2010 lalu.

Namun Facebook menambahkan beberapa fungsi modern, seperti push notification serta integrasi aplikasi dengan kamera di ponsel agar pengalaman yang didapat pengguna menyerupai aplikasi Facebook di smartphone premium.

Ukuran aplikasi ini tergolong kecil, sekitar 252 KB saja. Hal itu dirancang agar Facebook bisa dipakai oleh perangkat Android kelas low-end yang memiliki kapasitas penyimpanan terbatas, serta koneksi internet 2G atau yang lebih rendah.

Strategi Facebook tersebut digunakan untuk memperluas pasarnya di negara-negara berkembang, bersamaan dengan semakin banyaknya perangkat Android murah yang merambah negara-negara berkembang, seperti proyek Android One yang dibesut Google.

Smartphone Android One itu saat ini telah diluncurkan di India, menyusul kemudian di Indonesia dan negara-negara Asia Pasifik lainnya.

Selain India, negara-negara di Asia Tenggara dan Afrika juga diprediksi akan memiliki penjualan smartphone Android murah yang tinggi. Di negara-negara tersebut, smartphone akan menjadi platform internet primer yang digunakan oleh jutaan orang.

Aplikasi Facebook Lite saat ini sudah bisa diunduh di toko aplikasi Android, Play Store melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com