Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Casing Ini Bisa Perbesar Memori Ponsel

Kompas.com - 27/01/2015, 10:44 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Merasa kapasitas media penyimpanan smartphone Anda terlalu kecil? Jika ya, perusahaan yang berpusat di Australia ini punya solusinya.

Adalah perusahaan bernama ExoDrive yang membuat jawaban atas permasalahan tersebut. Seperti dikutip KompasTekno kutip dari Phone Arena, Senin (26/1/2015), perusahaan ini membuat sebuah produk casing yang dilengkapi sebuah slot kartu microSD di dalamnya.

Perangkat ini cukup menarik karena beberapa ponsel tidak mendukung atau disertakan dengan slot kartu memori. ExoDrive dapat memberikan tambahan kapasitas memori bagi yang membutuhkan.

Dukungan kapasitasnya pun sangat besar. Slot dari perangkat yang juga dinamakan ExoDrive ini mendukung kartu SD, SDHC, dan SDXC hingga 128 GB.

Cara penggunaan casing ini sangat mudah. Langkah pertama, pengguna menaruh kartu memori di slot yang tersedia. Kemudian, pengguna tinggal memasukkan ponsel ke casing.

Satu hal yang harus diperhatikan, casing ini juga dilengkapi dengan sebuah jack micro USB. Pengguna harus memastikan jack tersebut tercolok dengan sempurna ke port charging di perangkat agar kartu memori dapat dibaca.

ExoDrive
Perangkat ini dilengkapi dengan jack microUSB untuk dicolokkan ke ponsel
Saat dihubungkan ke perangkat PC, nantinya pengguna bisa melihat tiga drive sekaligus, yakni drive memori internal, drive kartu memori yang ada di ExoDrive, dan (jika ponsel mendukung) kartu memori yang diletakkan dalam ponsel.

Jika dihubungkan ke sumber listrik, perangkat ponsel akan langsung mengisi daya.

Saat ini, ExoDrive baru mendukung smartphone berbasiskan Android, seperti Motorola Moto X, Motorola Moto G, Nexus 6, Samsung Galaxy S5, LG G2, HTC One M7, HTC One M8, OnePlus One, dan Samsung Galaxy S4.

ExoDrive dikatakan masih mengembangkan casing tersebut untuk digunakan di produk besutan Apple, iPhone.

Pendanaan melalui Kickstarter

ExoDrive sendiri saat ini belum dijual secara luas. Perangkat tersebut masih dalam proses crowdfunding melalui Kickstarter. Pihak ExoDrive menargetkan biaya yang cukup besar untuk perangkat tersebut, yakni 10.000 dollar Australia atau sekitar Rp 98 juta.

Akan tetapi, produk itu terlihat menarik sehingga proses pendanaan perangkat terlihat berjalan lancar. Saat dicek oleh KompasTekno pada Senin sore (26/1/2015), pendanaan sudah mendekati target, yakni 9.390 dollar Australia.

Batas akhir pendanaan pun masih cukup panjang, yaitu selama 22 hari lagi.

Pengguna Kickstarter bisa memberikan sumbangannya minimal sebesar 25 dollar Australia. Dengan sumbangan sebesar itu, penyumbang akan mendapatkan satu ExoDrive dalam warna hitam.

Jika membayar 35 dollar Australia, pengguna akan mendapatkan satu ExoDrive dalam warna putih atau abu-abu.

Jumlah sumbangan terbesar adalah 100 dollar Australia. Dengan dana tersebut, ExoDrive menjanjikan untuk memberikan dukungan ke perangkat yang belum ada di daftar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com