Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Baru Twitter, Group "DM" dan Video 30 Detik

Kompas.com - 28/01/2015, 10:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber MASHABLE
Ilustrasi

KOMPAS.com - Twitter meluncurkan dua fitur baru untuk memperkaya fungsi layanannya pada Rabu (28/1/2015). Dua fitur tersebut adalah Group Direct Message dan Native Video Sharing.

Group Direct Message (DM) memungkinkan pengguna layanan microblogging tersebut kini bisa memulai percakapan dengan banyak follower sekaligus dan mengirim pesan secara simultan ke semuanya.

Twitter FItur Group Direct Message di Twitter


Para follower yang dimaksud akan kemudian akan menerima DM yang dikirimkan pengguna, meskipun antar-mereka sendiri tidak saling mengikuti.

Sebelumnya, fitur pesan pribadi di Twitter selama ini hanya bisa ditujukan ke satu pengguna lain dalam satu waktu.

Informasi yang dilansir Kompas Tekno dari Mashable, menyebutkan bahwa langkah Twitter menyediakan fasilitas Group Direct Message kemungkinan dipicu oleh semakin populernya layanan instant messaging, seperti WhatsApp dan Line.

Fitur lain baru lainnya yaitu native video sharing yang memungkinkan pengguna untuk merekam video dan membagikannya, langsung dari dalam aplikasi Twitter.

Twitter Fitur Native Video Sharing di Twitter bisa diakses dengan tombol kamera dari dalam aplikasi

Durasi video yang bisa direkam dengan fitur ini mencapai 30 detik, jauh lebih panjang dibandingkan batas 6 detik yang sebelumnya disediakan Twitter lewat Vine.

Lagi-lagi, langkah Twitter menyematkan native video sharing dilakukan di tengah menanjaknya popularitas native video di layanan pesaing seperti Facebook.

Fitur perekaman video 30 detik ini untuk sementara baru tersedia untuk platform iOS, Android baru menyusul kemudian.

Sebelumnya, pada awal bulan Januari, Twitter meluncurkan fitur untuk mengumpulkan tweet yang terlewat oleh pengguna. Semua fungsi anyar tersebut dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan pengguna baru sekaligus meningkatkan tingkat engagement pengguna lama dengan Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MASHABLE

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com