Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Tangkal Bahaya Serangan "Petir" di Mac

Kompas.com - 28/01/2015, 12:46 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Mac Rumors

KOMPAS.com - Apple sedang menyiapkan sebuah pemutakhiran piranti lunak untuk OS X 10.10.2. Pemutakhiran tersebut akan disertai dengan obat penangkal serangan "Thunderstrike".

Lubang keamanan Thunderstrike ditemukan oleh peneliti bernama Trammell Hudson. Thunderstrike mampu mengeksploitasi piranti keras dalam Mac sehingga penyerang bisa memasukkan malware ke dalam komputer tersebut.

"Untuk mengamankan diri dari serangan Thunderstrike, Apple telah mengubah kode di dalamnya," ujar sumber yang memiliki akses terhadap OS X 10.10.2.

Menurut sumber tersebut, pemutakhiran ini bertujuan bukan sekadar mencegah boot ROM pada Mac diubah, namun juga mencegah agar ROM tersebut tidak dikembalikan pada kondisi yang mudah diserang

Hal yang membuatnya fatal adalah serangan Thunderstrike bisa terjadi tanpa disadari pengguna. Kode jahat Thunderstrike memang tersembunyi di tingkatan yang tidak dapat diakses oleh pengguna.

Seperti dikutip KompasTekno dari Mac Rumors, Selasa (27/1/2015), serangan model ini sebetulnya masih jarang terjadi. Pasalnya syarat penyerangan tersebut adalah pelaku mesti memiliki akses fisik ke Mac yang incaran.

Cara lainnya, penyerang itu harus punya keahlian teknisi tingkat atas sehingga bisa menipu pengguna untuk menyerang Mac miliknya sendiri.

Saat ini OS X 10.10.2 yang jadi obat serangan "petir" itu masih dalam proses uji coba pra-rilis. Prediksinya, pemutakhiran tersebut akan muncul ke publik dalam waktu singkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mac Rumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com