Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lumia Mencatat Sejarah Baru

Kompas.com - 28/01/2015, 13:57 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Penjualan smartphone Lumia mencatat sejarah baru. Pada kuartal IV-2014, seri smartphone yang kini dimiliki oleh Microsoft tersebut berhasil mencapai titik penjualan per kuartal tertinggi.

Microsoft mengumumkan, seperti KompasTekno kutip dari WM Poweruser, Selasa (27/1/2015), pada kuartal tersebut, Microsoft berhasil menjual sekitar 10,5 juta unit Lumia.

Jumlah tersebut meningkat cukup jauh dari kuartal sebelumnya. Pada kuartal III-2014, tercatat ada 9,3 juta unit Lumia yang terjual. Sementara itu, pada kuartal IV-2013, sebanyak 8,2 juta unit Lumia diboyong oleh pembeli di seluruh dunia.

Menurut IDC, ini pertama kalinya bagi seri Lumia bisa terjual melebihi angka 10 juta unit dalam satu kuartal. Lumia sendiri membutuhkan waktu hingga 20 kuartal untuk mencapai rekor tersebut.

Sebagai pembanding, perangkat berbasis Android membutuhkan waktu tujuh kuartal untuk mencapai rekor ini. Sedangkan iOS, dibutuhkan waktu 14 kuartal.

Tidak dijelaskan mengapa Microsoft berhasil mencapai rekor tersebut. Namun, dugaan sementara, banyaknya ponsel Lumia yang beredar pada tahun 2014 lalu menjadi alasan kuat di balik prestasi tersebut.

Dari penjualan Lumia tersebut, Microsoft berhasil memperoleh pendapatan sebesar 2,3 miliar dollar AS. Meski sangat besar, jumlah pendapatan tersebut sebenarnya mengalami penurunan dari kuartal sebelumnya.

Kala itu, jumlah pendapatannya ada di angka 2,6 miliar dollar AS, atau mengalami penurunan sekitar 600 juta dollar AS. Penurunan pendapatan ini disebabkan diharuskannya Microsoft untuk membayar biaya lisensi kepada Nokia setelah proses akuisisi lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com