Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kendalikan Smartphone Jumbo dengan Satu Tangan

Kompas.com - 29/01/2015, 21:04 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Punya smartphone berlayar jumbo memang asyik saat digunakan menonton dan bermain game. Tapi semua mesti dilakukan dengan dua tangan karena rentang layar dan lokasi ikon aplikasinya yang berjauhan.

Sebenarnya ada cara mudah untuk bisa memainkan smartphone jumbo mengunakan satu tangan. Tidak perlu membeli alat tambahan, cukup mengunduh aplikasi bernama Lazy Swipe saja.

Menggunakan aplikasi ini bisa mempermudah navigasi pada smartphone yang layarnya 5 inci ke atas. Berikut ini panduan singkat yang disusun KompasTekno setelah mencoba aplikasi tersebut.

1. Unduh Aplikasinya

Bukalah Google Play Store lalu cari aplikasi bernama Lazy Swipe dengan nama pembuat Woody. Aplikasi ini gratis, jadi setelah menemukannya langsung unduh saja.


Aplikasi Lazy Swipe yang terdapat di Google Play Store


2. Jalankan Lazy Swipe

Jalankan aplikasi Lazy Swipe yang sudah selesai diunduh. Setelah aplikasi dimulai akan ada beberapa opsi yang harus dipilih. Pertama, izinkan aplikasi ini untuk mengakses smartphone Anda.


Setelah menyalakan Lazy Swipe, pastikan sudah mengizinkan software ini mengakses smartphone Anda


3. Atur Aplikasi
Setelah Lazy Swipe ini menyala, usaplah layar smartphone dari sudut kanan atau kiri bawah sehingga muncul menu berbentuk kipas. Anda bisa mengusapnya saat di Home Screen atau saat membuka aplikasi lain.

Total ada 9 aplikasi yang bisa disematkan sebagai pintasan dalam menu Favorites Lazy Swipe

Ada tiga kategori yang muncul dalam menu tersebut, yaitu: Tools, Favorites, dan Recent Items. Pada bagian Tools akan muncul pengaturan-pengaturan WiFi, kecerahan layar, Bluetooth dan lain-lain.

Pada Favorites akan muncul pilihan-pilihan aplikasi yang biasa digunakan. Bagian ini bisa diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan. Anda cukup menyentuh ikon aplikasi dan menahannya selama beberapa detik sampai muncul tanda silang. Kemudian ikon tersebut bisa diganti dengan ikon aplikasi lain yang sering dipakai. Menu Favorites ini hanya terbatas pada 9 aplikasi saja.

Menu Recent Items, seperti halnya yang terdapat pada semua smartphone Android, berfungsi menampilkan aplikasi-aplikasi yang pernah dibuka. Selain itu, notifikasi pesan masuk juga akan muncul dari menu ini.

4. Sesuaikan dengan selera

Ada sejumlah pengaturan lain yang bisa diakses saat membuka Lazy Swipe dari dalam "laci" aplikasi Android. Pengaturan ini membuat Anda bisa menyesuaikan reminder untuk pesan teks yang belum dibaca, saat-saat seperti apa bisa membuka Lazy Swipe, posisi layar yang menjadi pemicu aktifnya aplikasi ini dan aplikasi apa saja yang notifikasinya muncul di sini.

Pengguna bisa mengatur area mana yang menjadi pemicu aplikasi Lazy Swipe

Pengaturan yang paling menarik adalah soal posisi layar yang memicu aktifnya Lazy Swipe. Pengguna aplikasi ini bisa memutuskan sendiri, usapan di area bawah atau tengah yang akan memicu terbukanya menu "kipas" tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com