Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video di Facebook Ditonton 3 Miliar Kali Tiap Harinya

Kompas.com - 30/01/2015, 18:08 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Recode
KOMPAS.com - Popularitas dari fitur video di situs jejaring sosial Facebook meningkat tajam. Kini, video di situs tersebut ditonton tiga kali lebih banyak dari beberapa bulan lalu.

Berdasarkan laporan keuangan kuartal IV 2014 yang diumumkan pada Kamis (29/1/2015) kemarin, Facebook mengungkapkan, video yang ada di situs Facebook ditonton sebanyak tiga miliar kali setiap harinya.

Jumlah tersebut, seperti KompasTekno kutip dari Recode, meningkat tiga kali lipat dari bulan September 2014 lalu. Kala itu, video yang ada di News Feed Facebook baru ditonton sebanyak satu miliar kali per harinya.

Facebook mengklaim bahwa jumlah tontonan tersebut hanya termasuk dalam video native saja. Maksud dari kata "native" di sini, video diunggah langsung ke server milik Facebook, tidak termasuk dari video yang dibagikan dari situs, seperti YouTube atau Vimeo.

Jika digabung dengan layanan video di luar Facebook, jumlah video yang ditonton setiap hari seharusnya bisa lebih besar dari angka 3 miliar.

Tingginya jumlah video yang ditonton dalam satu hari tersebut dinilai dapat menguntungkan Facebook dari segi finansial. Dengan jumlah penonton yang semakin banyak, kemungkinan perusahaan atau organisasi untuk memasang video iklan mereka semakin tinggi pula.

Dalam laporan keuangannya, Facebook juga melaporkan bahwa perusahaan ini berhasil mendapatkan pendapatan sebesar 3,85 miliar dollar AS atau sekitar Rp 48,5 triliun.

Jumlah pengguna yang mendaftar ke jejaring sosial buatan Mark Zuckerberg ini mencapai 1.393 miliar orang, meningkat 3,18 persen dari kuartal sebelumnya.

Jumlah pengguna aktifnya sendiri ada di angka 890 juta orang per hari, 1,19 miliar orang untuk masa per bulan, dan 745 juta orang untuk pengguna harian Facebook mobile.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com