Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vine Kids, Aplikasi Berbagi Video Khusus Anak

Kompas.com - 01/02/2015, 16:15 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Vine merilis aplikasi yang ditujukan untuk segmen anak kecil, Sabtu (31/1/2015). Aplikasi baru ini dinamakan Vine Kids.

"Anak-anak menyukai Vine. Jadi, kami mengembangkan Vine Kids, sebuah aplikasi sederhana baru yang memberikan cara menyenangkan untuk menonton Vine bagi anak-anak," kata Carolyn Penner, Head of Communications and Marketing Vine.

Secara garis besar, Vine Kids tidak terlalu berbeda dari Vine versi original. Keduanya sama-sama menghadirkan konten video dalam durasi 6 detik.

Akan tetapi, selama ini aplikasi Vine versi original dipenuhi dengan berbagai konten yang tidak pantas untuk anak kecil. Bahkan, Twitter, perusahaan induk Vine, sampai harus memberikan label dewasa untuk aplikasi berbagi video ini.

Nah, aplikasi Vine Kids diharapkan bisa menjadi jawaban atas permasalahan tersebut. Diharapkan, anak-anak tidak lagi menemukan konten video dewasa, melainkan video yang sesuai dengan umur mereka.

Pihak Vine sendiri yang memilihkan konten khusus untuk anak dari jutaan video yang diunggah setiap harinya di Vine.

Seperti dikutip KompasTekno dari Cnet, Minggu (1/2/2015), saat ini Vine Kids berisikan video animasi dari karakter serial TV anak Sesame Street, Elmo. Ada juga video yang menampilkan berbagai hewan-hewan imut, seperti Landak dan Anak Anjing.

Tidak hanya konten, tampilan antarmuka Vine Kids diatur sedemikian rupa untuk menarik perhatian anak. Ia dipenuhi dengan warna yang cerah dan karakter-karakter lucu.

Jika sudah bosan menonton satu video, anak-anak bisa menggeser layar ke kanan atau ke kiri untuk melihat video lain.

Sayangnya, untuk saat ini, aplikasi Vine Kids baru hadir khusus untuk sistem operasi iOS saja. Pihak Vine sendiri belum mengumumkan, kapan aplikasi tersebut hadir di platform Android.

Vine sendiri dirilis untuk pertama kalinya pada tahun 2012 silam. Hingga saat ini, aplikasi tersebut sudah digunakan oleh 40 juta pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com