Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidup Lagi, Ini Alamat Situs "The Pirate Bay"

Kompas.com - 02/02/2015, 12:02 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Situs pengepul file torrent, The Pirate Bay (TPB) akhirnya kembali beroperasi setelah tujuh minggu mati suri. Situs yang memungkinkan pengguna mengunduh film, game, lagu, dan file lainnya ini, tak beroperasi sejak 9 Desember lalu.

Dua minggu setelahnya, tampilan situs TPB memperlihatkan penghitungan mundur ke tanggal 1 Februari. Di mana, pada tanggal itu, TPB berjanji akan kembali membuka layanannya. Dan saat ini, Senin (2/2/2015), seperti janji TPB, pengguna internet dapat kembali menggunakan layanan situs anti-hak cipta tersebut.

Perlu diketahui, Desember lalu TPB berhenti beroperasi karena kantornya digeledah dan diisolasi kepolisian Swedia. Serangan itu terjadi sekitar sebulan setelah salah satu pendiri TPB, Hans Fredrik Lennart Neij, diciduk polisi di perbatasan Thailand-Laos pada 3 November 2014.

TPB memang telah beberapa kali terkena kasus yang berkaitan dengan pembajakan. Tuntutan terhadap situs ini telah disidangkan di beberapa negara selama bertahun-tahun.

Sampai sekarang, belum ada keterangan dan kejelasan lebih lanjut terkait bagaimana situs ini dapat kembali beroperasi. Selain itu, pertanyaan terkait apakah situs ini akan kembali diciduk atau dilegalkan, juga belum terjawab.

Yang jelas, situs ini kembali beroperasi di alamat https://www.thepiratebay.se, dengan menggunakan domain ".se" yang merupakan kode domain negara Swedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com