Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2014, Smartphone Android Tembus 1 Miliar

Kompas.com - 02/02/2015, 15:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Distribusi smartphone Android ke seluruh dunia telah mencapai 1 miliar unit pada tahun 2014 lalu. Ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan bagi sistem operasi besutan Google tersebut. Pasalnya, pada 2013, smartphone Android hanya terdistribusi sebanyak 780,8 juta unit.

Dilansir KompasTekno (2/2/2015) dari Cnet, pencapaian Android ini jauh mengalahkan kompetitornya, yakni iOS besutan Apple. Sistem operasi itu hanya memasarkan 192,7 juta smartphone yang disematkan sepanjang 2014.

Angka ketimpangan yang terlampau jauh itu tak mengherankan, mengingat iOS hanya bisa tersemat di produk Apple. Sedangkan Android dapat disematkan ke jenis smartphone yang lebih banyak, menembus level pasar yang beragam, dan telah terbukti menjadi pilihan bagi banyak vendor smartphone di seluruh dunia.

Menurut Strategy Analytics, secara keseluruhan pasar smartphone memang sedang tumbuh pesat. Tahun 2014, pasar smartphone tumbuh 30 persen menjadi 1,3 miliar unit yang didistribusi di seluruh dunia. Dalam hal ini, kata pihak Strategy Analytics, negara berkembang berkontribusi besar dalam pertumbuhan industri smartphone.

"Pasar negara berkembang, seperti Tiongkok dan Indonesia, mendorong pertumbuhan industri tahun lalu dan akan terus mendorong pertumbuhan industri di tahun ini," pihak Strategy Analytics menjelaskan.

Rekor distribusi smartphone Android yang mencapai 1 miliar unit, menjadikan 2014 sebagai tahun rekor di bidang pemasaran smartphone.

Sebelumnya, Apple juga mendapat rekor dari segi keuntungan perusahaan. Pada kuartal IV 2014, keuntungan Apple mencapai 18 miliar dollar AS atau setara Rp 225 triliun. Pencapaian Apple disinyalir tak lepas dari peluncuran iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com