Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambah Smarthome, Intel Akuisisi Produsen Chip Jerman

Kompas.com - 03/02/2015, 15:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com - Raksasa teknologi Intel makin serius menggarap pasar "Internet of Things," khususnya di ranah smarthome (rumah pintar). Baru-baru ini, Intel mengakuisisi produsen chip jaringan asal Jerman, Lantiq.

Menurut Reuters, Selasa (2/2/2015), keputusan tersebut diambil Intel untuk melanjutkan usahanya dalam upaya melebarkan sayap ke ranah smarthome.

Chipset-chipset milik Intel nantinya diharapkan juga bisa masuk ke dalam perangkat-perangkat rumah tangga, untuk membuat ekosistem rumah pintar.

Intel tidak menjelaskan secara rinci berapa nilai akuisisinya kali ini.

Lantiq yang berbasis di Munich, Jerman selama ini memproduksi chip dan software yang digunakan dalam perangkat jaringan dan telekomunikasi broadband.

Spesialisasinya adalah dalam bidang teknologi jaringan, termasuk teknologi jaringan DSL, Wi-Fi, serta Ethernet.

Menurut Intel, Lantiq akan disatukan dengan divisi Client Computing Group miliknya yang selama ini telah mengembangkan perangkat sehari-hari yang bisa terhubung dengan jaringan internet.

"Teknologi yang dimiliki Lantiq akan membebaskan produk-produk Intel dari kekangan kabel saat terhubung dengan produk lain dalam rumah," ujar Kirk Skaugen, Senior Vice President Client Computing Group Intel.

Akusisi Intel terhadap Lantiq sendiri diharapkan bisa sepenuhnya selesai dalam waktu tiga bulan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com