Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows RT Sudah Tamat

Kompas.com - 04/02/2015, 15:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Sistem operasi Windows RT saat ini hanya diusung oleh tablet Nokia Lumia 2520 dan Surface 2. Kedua tablet tersebut saat ini tidak lagi diproduksi. Dengan demikian, nasib Windows RT telah berhenti.

"Kami tidak lagi memproduksi Nokia Lumia 2520," demikian ujar pernyataan Microsoft, seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (3/2/2015).

Satu minggu sebelumnya, Microsoft juga memutuskan untuk menghentikan produksi tablet Surface 2 yang juga menggunakan sistem operasi Windows RT.

Vendor-vendor komputer seperti Lenovo, Asus, Samsung, dan Dell memang sebelumnya ikut mendukung Windows RT, namun produsen-produsen tablet tersebut akhirnya menarik diri karena tablet Windows RT tidak berhasil menarik minat konsumen.

Beberapa faktor yang turut menyumbang rendahnya popularitas tablet Windows RT antara lain minimnya aplikasi berbasis layar sentuh dan tampilan desktop yang membingungkan.

Windows RT menggunakan prosesor berbasis ARM, produsen tablet Windows kini juga lebih memilih untuk menggunakan prosesor buatan Intel untuk tablet-tablet ukuran 7 hingga 8 inci.

Kini, semua perhatian tertuju pada sistem operasi Windows 10 yang akan diluncurkan Microsoft tahun ini. Microsoft telah memamerkan fitur Windows 10 untuk perangkat smartphone.

Belum jelas apakah Microsoft juga akan membuat perangkat tablet Windows 10 ukuran 7 - 8 inci berbasis ARM atau tidak.

Versi Preview Windows 10 untuk tablet sendiri telah ditampilkan Microsoft, namun didesain utnuk perangkat ukuran layar 8 inci ke atas.

Hingga kini, Microsoft belum memberikan pernyataan tentang rencananya membuat tablet berbasis ARM.

Dengan dihentikannya produksi tablet Surface 2, sementara penjualan Surface Pro 3 yang berbasis prosesor Intel ternyata lebih baik, nampaknya Microsoft akan lebih fokus menggarap pasar tablet berbasis prosesor Intel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com