Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dompet Digital di Galaxy S6 Siap Bungkam Apple Pay

Kompas.com - 05/02/2015, 12:14 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber BGR
KOMPAS.com - Smartphone Galaxy S6 dan S Edge yang rencananya akan diluncurkan Samsung pada awal Maret mendatang kabarnya akan memiliki teknologi mobile payment yang mirip dengan fitur Apple Pay dalam iPhone 6.

Namun, fitur dompet digital yang akan diintegrasikan Samsung tersebut memiliki perbedaan. Tak seperti Apple Pay yang membutuhkan teknologi NFC (Near Field Communication), Samsung akan menggunakan teknologi milik perusahaan rintisan LoopPay.

Dikutip KompasTekno dari situs BGR, Selasa (3/2/2015), teknologi milik LoopPay tidak membutuhkan dukungan teknologi NFC, hal ini memungkinkan Samsung bisa membawanya ke pasar yang lebih luas secara lebih cepat.

Saat ini, Apple Pay baru bisa digunakan di AS saja dan bergantung pada beberapa teknologi seperti NFC, token, dan sensor sidik jari untuk melindungi transaksi.

Karena LoopPay tidak membutuhkan NFC, maka teknologi tersebut bisa digunakan di terminal pembayaran reguler di toko mana pun yang mendukungnya, tanpa mengharuskan toko meng-upgrade peralatannya.

LoppPay menggunakan hardware khusus yang bisa dipasang di perangkat mobile dengan mudah, dan menggantikan fungsi gesek dalam kartu fisik, dan bisa dilakukan secara nirkabel, sehingga pengguna tidak perlu mengeluarkan kartu.

Namun, teknologi pembayaran milik LoopPay tersebut tetap membutuhkan token dan nampaknya akan menggunakan sensor sidik jari dalam perangkat Samsung untuk melindungi transaksi.

Fitur dompet digital dalam Samsung Galaxy S6 dan Galaxy S Edge itu rencananya akan diberi nama Samsung Pay.

Menurut LoopPay, teknologi yang akan dipakai Samsung Pay sudah bisa digunakan di 90 persen terminal pembayaran magnetic stripe dan terminal NFC di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com