Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Indonesia, Android One Andalkan "Cita Citata"

Kompas.com - 06/02/2015, 11:48 WIB
Oik Yusuf

Penulis

VP Android & Chrome Google Caesar Sengupta

JAKARTA, KOMPAS.com - "Android One bisa mengunduh dan memutar video secara offline. Jadi, kalau Anda suka video Cita Citata, Anda bisa menontonnya berulang kali," ujar Caesar Sengupta bersemangat, disambut gelak tawa hadirin.

Hari itu, Rabu (4/2/2014), Sengupta sengaja datang jauh-jauh dari markas Google di Mountain View AS, untuk menerangkan produk Android One kepada sejumlah jurnalis -termasuk Kompas Tekno- di kantor Google Indonesia, bilangan Senayan, Jakarta.

Sengupta yang menjabat posisi mentereng di Google sebagai Vice President Android & Chrome sekaligus penggagas program ponsel murah Android One mengaku sudah sering bolak-balik ke Indonesia sehingga paham soal video yang ngetren di kalangan YouTuber Tanah Air.

Pemutaran video YouTube secara offline tadi disebut Sangupta sebagai salah satu solusi yang dihadirkan Android One untuk mengatasi persoalan internet di Indonesia, yakni konektivitas data yang tak selalu tersambung dengan kecepatan tinggi untuk menikmati konten di internet.

Di samping itu untuk lebih jauh mendukung pengguna di Indonesia, pihak Google telah menyempurnakan pengenalan perintah suara software Google Voice Search dalam bahasa Indonesia. Mesin pencari itu, menurut dia, kini sudah bisa berbahasa Indonesia dengan "lancar".

"Bukan cuma mengenali perintah saja, tapi juga bisa menimpali pertanyaan Anda dalam bahasa Indonesia yang natural sehingga Anda tak merasa seperti berbicara dengan robot," kata Sengupta sambil tersenyum.

Untuk mendemonstrasikan kelancaran Google Voice Search dalam berbahasa Indonesia, Consumer Marketing Manager Google Indonesia Sandy Tantra mengajukan sebuah pertanyaan pada ponsel Android One yang ikut dibawa dalam acara.

"Siapa istri Presiden Joko Widodo?" tanya Sandy. "Nama istri Presiden Joko Widodo adalah Iriana Widodo," jawab Google Voice Search dalam suara wanita, sembari menyajikan hasil pencarian internet untuk nama "Iriana Widodo".

Oik Yusuf/ Kompas.com
Consumer Marketing Manager Google Indonesia Sandy Tantra mendemonstrasikan kebolehan Google Voice Search berbahasa Indonesia pada ponsel Android One

Perlu ditambahkan bahwa fitur YouTube offline dan Google Voice Search bahasa Indonesia bukanlah monopoli perangkat Android One. Keduanya sudah tersedia di Android -juga platform mobile lain- selama beberapa waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com