Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Daftar Domain "Dot ID" 2-4 Huruf

Kompas.com - 09/02/2015, 12:28 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Nama Domain Indonesia (Pandi) membuka pendaftaraan untuk domain dengan karakter terbatas dua hingga empat huruf. Ketua Pandi Bidang Sosialisasi dan Komunikasi Sigit Widodo mengatakan pendaftaran tersebut masih dibuka hingga 13 Februari 2015 mendatang.

Nama domain yang singkat tersebut misalnya ab.id, abc.id atau abcd.id jadi idaman karena cenderung mudah diingat. Pengelolaan nama tersebut pun beda dengan domain lain yang memiliki lebih dari empat huruf.

Domain lain yang berkarakter lebih dari empat huruf dapat didaftarkan dengan bebas melalui registrar. Sedangkan domain terbatas ini dapat dibuat dengan syarat didaftarkan ke Pandi.

"Jadi, ketika domain apapun.id ditetapkan oleh Forum Nama Domain Indonesia untuk dirilis, ada ketentuan bahwa nama domain yang bisa didaftarkan adalah yang terdiri dari 5-63 karakter. Namun ada ketentuan tambahan, bahwa nama domain apapun.id di bawah 4 karakter bisa didaftarkan dengan mengajukan izin kepada PANDI," terang Sigit kepada KompasTekno, beberapa waktu lalu.

Dia menambahkan, pihaknya menghimbau para pemilik merek agar segera mendaftarkan domain mereknya. Pasalnya Pandi belum berniat menggelar pendaftaran domain serupa dalam waktu dekat ini.

"Untuk pemegang merek yang namanya terdiri dari gabungan huruf di bawah lima karakter, ini kesempatan untuk mendaftarkan nama domain sesuai mereknya. Jangan sampai nanti menyesal karena nama domainnya sudah didaftarkan pihak lain," tegas Sigit.

"Periode pendaftaran nama domain terbatas ini kami buka pada 19 Januari - 13 Februari 2015. Belum ada rencana untuk membuka kembali pendaftaran nama domain terbatas di masa mendatang," imbuhnya.

Pandi sudah pernah membuka pendaftaran serupa ada kurun waktu September-Oktober 2014 lalu. Saat itu tercatat total 125 nama domain yang berhasil didaftarkan, yaitu 31 domain 3 karakter dan 94 domain 4 karakter.

Bisa sampai Rp 500 Juta

Pembuatan domain terbatas tersebut memiliki sejumlah persyaratan. Di antaranya adalah biaya administrasi, biaya domain terbatas serta biaya tahunan. Semua biaya tersebut, khusus domain terbatas, memang tak bisa disebut murah.

Biaya administrasi domain ditetapkan hanya sebesar Rp 100.000, sementara itu biaya tahunannya Rp 500.000. Biaya domain terbatas ditetapkan berdasarkan jumlah karakter yang digunakan untuk domain tersebut.

Sigit mengatakan harga domain dibagi menjadi, "Domain empat karakter dikenakan biaya domain terbatas sebesar Rp 2 juta, untuk 3 karakter dikenakan Rp 15 juta, dan untuk 2 karakter sebesar Rp 500 juta. Semuanya biaya tadi belum termasuk PPN sebesar 10 persen."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com