Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belum Aman Goresan, Gorilla Glass Ingin Sekuat Safir

Kompas.com - 10/02/2015, 18:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber MASHABLE
Produk kaca pelindung gadget Gorilla Glass 4 diklaim tahan terhadap benturan saat gadget jatuh

KOMPAS.com - Kaca pelindung layar gadget yang menggunakan teknologi Gorilla Glass memang tahan pecah, tetapi masih bisa tergores seiring dengan lamanya masa pemakaian. Sebaliknya, kaca safir tahan goresan namun rentan retak ketika jatuh.

Bagaimana jika kelebihan dua jenis kaca pelapis itu bisa digabungkan? Itulah tujuan yang hendak dicapai Corning, si pabrikan Gorilla Glass, melalui materi baru yang sedang dikembangkan di bawah proyek bernama "Project Phire".

"Kami membuat produk yang tahan banting seperti Gorilla Glass 4, juga memiliki ketahanan terhadap goresan yang mendekati kaca safir," ujar presiden Corning, James Clappin, seperti dirangkum Kompas Tekno dari Mashable, Selasa (10/2/2015).

Masih belum jelas pabrikan gadget mana yang nantinya bakal memakai kaca pelindung baru dari Corning itu untuk melapis produk-produknya.

Kaca jenis safir yang memiliki ketahanan tinggi terhadap kerusakan sempat dikabarkan bakal muncul pada duet iPhone 6 dan iPhone 6 Plus besutan Apple. Namun hal tersebut urung terwujud.

Penyebabnya, rekanan Apple yang ditunjuk untuk membuat komponen layar safir, GT Advanced Technology, gagal membuahkan volume yang memadai.

GT Advanced masih bekerjasama dengan Apple dalam produksi kaca safir untuk Apple Watch, meski kabarnya hanya model-model tertentu dari jam pintar itu yang bakal  dilapis safir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber MASHABLE
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com