Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Game Sukses dan Tiruannya

Kompas.com - 12/02/2015, 12:11 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber yahoo.com
KOMPAS.com - Pembajakan konsep pada industri game seringkali dianggap lumrah. Selain karena hukum hak cipta yang lemah, kebanyakan pengembang game juga enggan membawa persoalan ini ke ranah hukum.

Menurut Gregory Boyd, ketua departemen hiburan interaktif di firma hukum Frankfurt Kurnit Klein and Selz, New York, perkara ini sulit karena distribusi dan pembajakan konsep game berskala internasional. Sedangkan, hukum tiap negara berbeda.

Berikut 5 contoh game sukses yang konsepnya serupa dan dapat diunduh di toko aplikasi Google maupun Apple.

1. Threes dan 2048
"Threes" mengajak pemain untuk bermain dengan angka dan hitungan. Dirilis di toko aplikasi sejak Februari 2014, game ini menyajikan kolom 4x4, di mana tiap gerakan akan menghasilkan penambahan jumlah angka. Jika kotak-kota itu penuh karena tak ada angka serupa yang menyatu, maka pemain dinyatakan kalah.

Game berbayar ini langsung mendulang sukses dalam waktu singkat di toko aplikasi Apple. Namun, kurang dari sebulan setelahnya, game serupa bertajuk "2048" dirilis secara gratis. Tak tanggung-tanggung game kloning itu pun masuk daftar game terpopuler di toko aplikasi.

Klik tautan ini untuk mengunduh Threes, dan ini untuk 2048

Yahoo
Perbandingan tampilan Ridiculous Fishing dan Ninja Fishing
2. Ridiculous Fisihing dan Ninja Fishing
Pada 2010, "Ridiculous Fishing" hanya tersedia di sebuah situs. Kemudian, muncul game serupa di toko aplikasi, yakni "Ninja Fishing". Hal ini membuat pengembang "Ridiculous Fishing" berang, namun tak bisa menuntut apa-apa. Akhirnya "Ridiculous Fishing" dirilis di toko aplikasi pada 2013 dan tetap mendulang sukses.

Kedua game menempatkan pemain sebagai nelayan yang menenggelamkan pancingnya ke samudera lalu bangkit ke permukaan sambil menangkap ikan-ikan di samudera itu. Nelayan harus menangkap ikan sebanyak mungkin agar memenangkan game ini.

Klik tautan ini untuk mengunduh Ridiculous Fishing dan ini untuk Ninja Fishing

Yahoo Perbandingan tampilan Monument Valley dengan Skyward
3. Monument Valley dan Skyward
Pemenang penghargaan untuk desain game terbaik dari Apple tahun 2014, "Monument Valley", tak luput dari pembajakan konsep oleh game bertajuk "Skyward". Keduanya merupakan game berbasis puzzle dengan latar belakang istana. Dalam game ini, pemain harus membantu seorang putri mencari jalan keluar dengan berbagai tantangan.

Klik tautan ini untuk mengunduh Monument Valley dan ini untuk Skyward

Yahoo Perbandingan tampilan Donkey Kong Country dengan Banana Kong
4. Donkey Kong Country dan Banana Kong
Secara tampilan, kedua game ini berbeda. Tak heran karena "Donkey Kong Country" adalah game yang tersemat pada Nintendo, sedangkan "Banana Kong" tersedia di toko aplikasi pada smartphone. Walau begitu, keduanya memiliki kemiripan konsep, baik dari cerita maupun peran pemain.

Di kedua game, akan ada seekor gorila yang berlari mengumpulkan pisang. Gorila itu dapat bergerak leluasa, melompat, menggantung, dan melakukan aksi-aksi lain. Yang berbeda, pada "Banana Kong", sang gorila berlari lebih kencang dan lihai.

Klik tautan ini untuk mengunduh Banana Kong

Yahoo Perbandingan tampilan Flappy Bird dan Splashy Fish
5. Flappy Bird dan Splashy Fish
Kepopuleran "Flappy Bird" tak dapat dipungkiri. Sejak pertama kali dirilis tahun 2013, game ini sukses di pasaran. Bahkan pembuat game ini, Dong Nguyen, sempat menghapus game buatannya karena merasa bersalah. Pasalnya, banyak pemain yang merasa ketagihan secara berlebihan karena game ini.

Namun hingga sekarang, kloning "Flappy Bird" sangat banyak berserakan di toko aplikasi Google maupun Apple. Salah satu yang paling sukses adalah "Splashy Fish", game buatan Massimo Guareschi dari Itali. Yang berbeda, sesuai namanya, tokoh pada "Flappy Bird" adalah burung dan tokoh pada "Splashy Fish" adalah ikan.

Klik tautan ini untuk mengunduh Splashy Fish

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com