Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Robot Anjing Google Beraksi Mirip Aslinya

Kompas.com - 13/02/2015, 15:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BBC
Spot di antara saudara-saudaranya di markas Boston Dynamics di Massachusetts, AS

KOMPAS.com - Pernah mengenal BigDog? Robot tersebut kini telah memiliki "adik" bernama Spot, sebuah robot anjing yang juga dibuat oleh Boston Dynamics.

Sebuah video yang diunggah di YouTube mempertontonkan kebolehan Spot. Robot berkaki empat itu tampak berlari kecil, serta berjalan mendaki bukit dan tangga. Aksi robot tersebut benar-benar luwes, seperti anjing sebenarnya.

Bahkan, dalam satu adegan, seorang staf menendang Spot dari samping. Si robot anjing terhuyung hampir jatuh, namun akhirnya berhasil kembali seimbang dan tetap berdiri.

Seperti dikutip Kompas Tekno dari BBC, Jumat (13/2/2015), pembuat Spot, Boston Dynamics, dikenal sebagai pencipta robot yang tahun lalu diakuisisi oleh Google bersama dengan sejumlah pabrikan robot lain.

Sebelumnya, Boston Dynamics membuat BigDog, robot berkaki empat berbobot lebih dari 100 kilogram yang dikembangkan bersama dengan divisi riset militer AS, Darpa.

Adapun Spot jauh lebih ringan dan kecil dari Big Dog dengan berat sekitar 70 kg. Menurut pembuatnya, robot anjing ini nanti bisa digunakan untuk melakukan tugas-tugas seperti search and rescue, pemetaan, ataupun meninjau lokasi bencana.

Aksi Spot selengkapnya bisa disimak dalam video di bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com