Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S6 Bakal Dipasangi Aplikasi Microsoft?

Kompas.com - 14/02/2015, 16:24 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber SamMobile
KOMPAS.com - Samsung telah mengatakan bahwa pihaknya akan menghilangkan bloatware (aplikasi bawaan) dalam antarmuka TouchWiz yang akan dipakai di perangkat smartphone barunya, Galaxy S6.

Namun, rumor terbaru menyebut bahwa aplikasi bloatware yang akan dihapus itu bakal digantikan oleh aplikasi-aplikasi milik Microsoft. Aplikasi tersebut akan terpasang secara pre-installed (langsung dari pabriknya).

Dikutip KompasTekno dari situs SamMobile, Sabtu (14/2/2015), beberapa aplikasi bawaan Samsung yang akan dihapus di antaranya adalah S Voice, S Health, dan S Note. Semua aplikasi tersebut nantinya bisa diunduh secara terpisah melalui toko aplikasi Samsung, Galaxy Apps Store.

Sementara aplikasi buatan Microsoft yang akan disertakan dalam Galaxy S6 antara lain seperti Microsoft OneNote, OneDrive, Office Mobile (lengkap dengan layanan berlangganan Office 365), serta Skype.

Menurut Trusted Reviews, keputusan untuk menyertakan aplikasi Microsoft dalam perangkat unggulan Samsung itu bisa jadi merupakan salah satu butir kesepakatan antara Samsung dan Microsoft, setelah keduanya memutuskan untuk berdamai di sidang pengadilan soal hak paten awal minggu ini.

Kesepakatan seperti itu tentunya menguntungkan kedua belah pihak, sebab Samsung saat ini sedang berusaha untuk melepaskan diri dari ketergantungan terhadap Google.

Sementara Microsoft di sisi lain juga sedang berusaha memperbanyak pengguna aplikasi-aplikasi mobile-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SamMobile

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com