Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diuji, Prosesor yang Ditolak Samsung Ternyata "Dingin"

Kompas.com - 16/02/2015, 10:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber GSM Arena
KOMPAS.com — Sebuah pengujian yang dilakukan terhadap chipset baru Qualcomm Snapdragon 810 menunjukkan bahwa prosesor tersebut ternyata lebih dingin dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 801.

Pengujian yang dilakukan oleh STJS Gadgets Portal tersebut dilansir oleh GSM Arena, Sabtu (14/2/2105), dilakukan dengan menjalankan aplikasi yang sama dan membandingkan temperatur permukaan perangkat.

Kedua perangkat dengan chipset Snapdragon 810 dan 801 diuji dengan menjalankan game balap Asphalt 8 dan perekaman video resolusi 4K untuk menguji performa chipset.

Dalam pengujian pertama, perangkat yang mengusung chipset Snapdragon 810 memiliki temperatur permukaan 40 derajat celsius, sementara Snapdragon 801 diukur mencapai 45 derajat celsius.

Dalam pengujian kedua, perangkat Snapdragon 810 juga lebih dingin, dengan suhu 35 derajat celsius dibanding Snapdragon 801 yang suhu permukaannya mencapai 43 derajat celsius.

Namun, perlu diingat bahwa pengujian ini dilakukan dalam ruangan khusus yang dijaga suhunya stabil 25 derajat celsius. Variasi desain perangkat dan temperatur bisa berbeda-beda dan turut berkontribusi terhadap hasil pengujian.

Sebelumnya, chipset Snapdragon 810 dikabarkan mengalami kendala overheat (kepanasan). Karena itulah, vendor smartphone Samsung menanggalkannya dalam perangkat unggulan terbarunya, Galaxy S6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com