Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Beli Aplikasi Android Pakai Pulsa Telkomsel

Kompas.com - 23/02/2015, 11:55 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli aplikasi di Google Play Store kini tidak harus memakai kartu kredit. Setelah Indosat, pilihan untuk membeli menggunakan pulsa makin bertambah, seiring Telkomsel meluncurkan metode carrier billing.

Fungsi carrier billing ini memungkinkan pembelian aplikasi/konten dimasukkan dalam tagihan bulanan pelanggan pascabayar atau potong pulsa untuk pengguna prabayar.

Syarat untuk bisa menggunakan opsi ini adalah memiliki akun Gmail serta nomor operator telekomunikasi yang sudah bekerja sama dengan Google.

Setelah diaktifkan, metode potong pulsa ini bisa dipakai untuk membeli berbagai aplikasi, buku dan majalah digital yang terdapat di Google Play Store maupun In-App Purchase dalam game dengan cara potong pulsa.

Bagaimana caranya mengaktifkan carrier billing itu? Berikut ini panduan yang disusun KompasTekno, untuk mengaktivasi sistem potong pulsa menggunakan operator Telkomsel.

1. Pertama bukalah Google Play Store dari gadget Android Anda yang menggunakan kartu SIM Telkomsel, lalu klik menu berlogo "hamburger" yang ada di kiri atas layar. Kemudian, pilih tab "My Account".

Play Store My Account di Google Play Store.
2. Opsi Payment Methods akan terbuka dan di dalamnya terlihat pilihan metode pembayaran: Add credit or debit card, Enable Telkomsel billing, dan Redeem. Pilih opsi Enable Telkomsel billing.
screenshot
Opsi enable Telkomsel billing akan mengaktifkan metode pembayaran aplikasi Google Play menggunakan pulsa pengguna layanan Telkomsel
3. Setelah memilih opsi Enable Telkomsel Billing, akan muncul pemberitahuan verifikasi akun. Anda pun akan diminta memasukkan nomor telepon, nama serta alamat. Setelah mengisi semua data itu, pilih opsi Save.

4.Selanjutnya akan ada pemberitahuan via SMS yang dikirimkan ke nomor yang Anda daftarkan. Setelah SMS ini sampai, opsi carrier biling sudah aktif an mulai bisa digunakan.

screenshot
Jika aktivasi Telkomsel billing berhasil, akan muncul opsi bill my Telkomsel account untuk pembelian aplikasi berbayar
Metode carrier billing ini bisa digunakan membeli aplikasi, game, majalah, buku maupun In-App Purchase menggunakan metode potong pulsa.  Contoh In-App Purchase yang bisa dibeli antara lain berupa stiker dalam Path, perpanjangan layanan WhatsApp, dan item-item yang dijual dalam game atau aplikasi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com