Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Novel "Fifty Shades of Grey" Dimulai dari BlackBerry

Kompas.com - 24/02/2015, 17:29 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Banyak yang sudah mengetahui bahwa film Fifty Shades of Grey, yang saat ini sedang diputar di bioskop-bioskop di berbagai negara, diangkat berdasar novel karya penulis E. L. James.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa pada mulanya, James menulis novel karyanya tersebut dengan menggunakan smartphone BlackBerry.

Dikutip KompasTekno dari Business Insider, Selasa (24/2/2015), novel yang mengisahkan hubungan percintaan antara miliuner Christian Grey dan Anastasia Steele, wanita yang baru lulus dari perguruan tinggi, pada mulanya berupa catatan-catatan pendek di perangkat BlackBerry sang penulis.

James menuturkan pengakuannya tersebut kepada ABC News pada tahun 2012 lalu.

"Dulu saya banyak sekali membuat catatan (novel) dalam perangkat BlackBerry saya saat dalam perjalanan ke kantor," ujar James.

"Ketika sampai di rumah, saya baru memindahkannya ke (komputer) Mac, lalu mulai melanjutkan menulis," imbuhnya.

Akan tetapi, James tidak mendeskripsikan secara detil model BlackBerry apa yang dipakainya untuk mengetik catatan-catatan yang akhirnya menjadi novel Fifity Shades of Grey tersebut.

Novel Fifty Shades of Grey sendiri diluncurkan pada tahun 2011. Novel tersebut kini telah terjual lebih dari 100 juta copy dan telah diterjemahkan ke dalam 52 bahasa.

Sementara, film layar lebarnya yang dilarang beredar di Indonesia, telah membukukan pendapatan sebesar 266 juta dollar AS dari seluruh dunia.

Pada tahun 2013 lalu, James dinobatkan oleh Forbes sebagai penulis dengan pendapatan tertinggi dengan penghasilan sekitar 95 juta dollar AS selama periode Juni 2012 hingga Juni 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com