Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rilis Android for Work

Kompas.com - 27/02/2015, 09:46 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pertama kalinya pada ajang I/O tahun lalu, layanan Android for Work akhirnya diperkenalkan secara resmi oleh Google. Layanan ini dikatakan bakal membantu kalangan bisnis untuk mengelola perangkat berbasis Android.

Pada umumnya, seperti KompasTekno kutip dari The Verge, Kamis (26/2/2015), Android for Work bertujuan untuk mempermudah perusahaan memberikan perangkat berbasis Android bagi para karyawannya dan membuat perangkat tersebut semakin aman.

Android for Work tersediri hadir dengan beberapa fitur. Salah satunya dinamakan Work Profiles. Dalam mode ini, semua data dan aplikasi dalam ponsel bisa dikelompokkan dalam dua profil sekaligus, yaitu personal dan bisnis.

Nantinya, admin TI dapat mengelola data dan aplikasi yang dikelompokkan dalam profil bisnis di ponsel karyawan. Namun, admin TI tidak berhak untuk mengakses data dan aplikasi yang dikelompokkan dalam profil personal, termasuk foto, video, game, dan berbagai data pribadi lainnya.

Google Android for Work

Semua aplikasi yang masuk ke profil bisnis nantinya akan ditandai dengan sebuah icon dengan lambang koper, sebuah benda yang banyak digunakan untuk bekerja.

Selain itu, ada juga sebuah fitur yang dinamakan Google Play for Work. Pada fitur ini, admin TI bisa mengatur aplikasi apa saja yang dapat diunduh dan digunakan oleh karyawan.

Google juga menyediakan berbagai aplikasi untuk urusan produktivitas karyawan. Ada aplikasi e-mail, kontak, dan kalender bagi perusahaan yang selama ini tidak menggunakan aplikasi dari Google.

Untuk menghadirkan layanan Android for Work ini, Google bekerjasama dengan banyak perusahaan. Beberapa di antaranya adalah Samsung, HTC, Motorola, Adobe, Box, Salesforce, Cisco, Citrix, BlackBerry, dan banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com