Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Sebut Apple Tak Bertanggung Jawab

Kompas.com - 27/02/2015, 17:22 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Tak ada habis-habisnya sensitivitas antara Google dan Apple. Menguasai pangsa pasar untuk sistem operasi mobile, gesekan kompetisi membuat kedua pihak saling picu "ketegangan".

Yang teranyar, Wakil Presiden Senior Google bidang produk Sundar Pichai secara terang-terangnya mengomentari produk-produk Apple yang dianggap mahal. "Semuanya serba mahal, ini agak tak bertanggungjawab," kata Pichai sebagaimana dilaporkan Cnet dan dikutip KompasTekno, Jumat (27/2/2015).

Menurut Pichai, konsep "elitis" yang diusung Apple tak ubahnya sebagai perusahaan yang hanya memikirkan keuntungan perusahaan semata. Hal ini, kata Pichai, jauh berbeda dengan prinsip Google dalam menawarkan produk-produk ciptaannya.

Salah satu contohnya adalah aplikasi Android gratis yang membanjiri toko aplikasi Google Play Store. "Banyak produk kami yang diakses lebih dari 1 miliar pengguna. Mereka mendapat banyak manfaat, dan kami menyediakan semua itu secara gratis," kata Pichai. Walau, pemberian layanan gratis tentu saja tak berarti Google mendapat keuntungan sedikit dari sana.

Tanggapan Pichai atas Apple sejalan dengan bos Motorola Rick osterloh. Setelah konsep perusahaannya disindir oleh desainer Apple Jony Ive, Motorola balas menghardik Apple dengan mengatakan harga produk Apple tak masuk akal.

Sebelumnya, CEO Apple Tim Cook menyebut Android sebagai "gudang malware". Selain itu, Cook juga mengkritik layanan gratis yang ditawarkan Google. Menurut dia, perusahaan dengan layanan gratis tak lain membuat penggunanya sebagai produk iklan.

"Saat sebuah layanan online bisa dipakai dengan gratis, Anda bukanlah penggunanya, melainkan produk di sana," begitu kata Cook.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com