Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC Resmikan One M9

Kompas.com - 01/03/2015, 22:29 WIB
Reza Wahyudi

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com — Setelah rumornya beredar beberapa lama, HTC One M9 resmi diperkenalkan ke publik di Barcelona, Spanyol, pada Minggu (1/3/2015).

Smartphone berkode HTC Hima ini diluncurkan sehari sebelum pelaksaanan Mobile World Congress (MWC) yang akan berlangsung pada 2-5 Maret di Barcelona.

Dalam cuaca dingin Barcelona yang mencapai 10 derajat celsius, CEO HTC Peter Chou sendiri yang memperkenalkan HTC One M9 pada sebuah acara yang dilangsungkan di Palau Sant Jordi.

Wartawan KompasTekno, Reza Wahyudi, berkesempatan langsung menghadiri acara tersebut.

"Bapak dan ibu sekalian, inilah adalah HTC One M9 terbaru," ujar Chou dengan antusias.

HTC One M9 memiliki ukuran layar yang sama dengan One generasi sebelumnya, M8. Layar One M9 memiliki luas 5 inci dengan jenis Super LCD 3 beresolusi Full HD 1080p.

Begitu pula dengan desainnya secara umum tak jauh beda dengan One M8, sama-sama unibody berbahan metal. Perbedaan yang cukup terlihat hanya pada bentuk housing kamera dan penempatan beberapa tombol fisik.

Meski tampak sama, HTC One M9 mengusung hardware yang jauh lebih mumpuni ketimbang M8. Ini terlihat dari dapur pacu utamanya. One M9 menggunakan prosesor Qualcomm terkencang, Snapdragon 810 dengan delapan inti (8 core) berkecepatan 2 GHz.

Untuk urusan memori, One M9 dibekali RAM yang lebih dari cukup untuk perangkat Android modern, yaitu 3 GB. Memori internalnya sebesar 32 GB dengan opsi upgrade menggunakan kartu microSD hingga 128 GB. HTC juga memberikan tempat menyimpan data di Google Drive sebesar 115 GB, gratis.

Dari sektor kamera, HTC memindahkan kamera utama/belakang M8 untuk kamera depan M9. Dengan demikian, kamera depan M9 menggunakan Ultrapixel 4MP dengan bukaan sampai dengan f/2.0.

Dengan pemindahan ini, kualitas memotret foto selfie di One M9 diklaim "juara". Dalam presentasi di acara peluncuran, HTC memamerkan foto selfie di ruang minim cahaya. Hasilnya pun dibandingkan dengan jepretan dari beberapa Android pesaing.

Untuk kamera utamanya, HTC akhirnya "sadar" dengan memasukkan kamera beresolusi besar, yaitu 20 megapiksel dengan bukaan f/2.2.

"Ini merupakan imaging mobile terbaik di pasar untuk selfie dan video call," kata Drew Bamford, Leader HTC Creative Labs, di acara yang sama.

HTC memperbarui One M9 dengan Sense 7.0.1. Dengan antarmuka baru ini, pengguna M9 memiliki banyak opsi untuk mengubah tampilan ponselnya. Perangkat ini sendiri berjalan di sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop.

HTC One M9 tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu Gunmetal Grey, Gold on Silver, Gold on Gold, dan Gold on Rose.

Belum ada informasi harga jual HTC One M9, begitu pula jadwal ketersediaan di pasar Indonesia.

Ingin tahu spesifikasi lengkap, fitur baru, dan tampang HTC One M9? Ikuti terus berita-berita KompasTekno selanjutnya langsung dari Barcelona, Spanyol.

HTC
HTC One M9
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com