Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S6 dan S6 Edge Lebih Cepat "Disetrum"

Kompas.com - 02/03/2015, 13:23 WIB
Oik Yusuf

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Dua perangkat Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge yang baru saja diluncurkan oleh Samsung di Barcelona, Spanyol, Minggu (1/3/2015) diklaim memiliki waktu isi ulang yang cepat.

Bahkan, menurut Justin Denison, VP Product Strategy and Marketing Samsung Electronics America, waktu isi ulang baterai Galaxy S6 dan S6 Edge lebih cepat dua kali lipat dibanding iPhone 6.

"Kami memang belum bisa menemukan cara membuat baterai yang tahan selamanya, namun kami memiliki teknologi isi ulang tercepat dalam industri ini," demikian ujar Denison dalam presentasinya di panggung acara.

Menurut Denison, baterai Galaxy S6 dan S6 Edge yang "disetrum" selama 10 menit bisa memberikan daya baterai yang bisa dipakai selama 4 jam.

Sementara itu, waktu isi ulang baterai dari kondisi nol hingga seratus persen juga diklaim Samsung hanya membutuhkan waktu separuh dari waktu yang dibutuhkan iPhone 6.

Wireless charging

Selain itu, keunggulan lain Galaxy S6 dan S6 Edge dalam hal baterai adalah fitur wireless charging alias isi ulang baterai tanpa kabel.

Menurut Denison, Samsung telah menahan diri untuk tdak memperkenalkan fitur isi ulang baterai secara nirkabel ini sebelum bisa diterima oleh banyak orang.

Karena itu menurutnya, kini adalah saat yang tepat bagi Samsung untuk memperkenalkan fitur wireless charging tersebut melalui Galaxy S6 dan S6 Edge.

"Wireless charging telah terintegrasi di dalamnya (Galaxy S 6 dan S6 Edge), eranya sudah datang," demikian tegas Denison di panggung acara.

Teknologi wireless charging yang digunakan Samsung adalah teknologi WPC (Wireless Power Consortium) dan PMA (Power Matters Alliance), dua standar teknologi wireless charging universal yang sedang berkembang. Karena itu, pengguna dijamin tidak akan kebingungan dengan dua standar yang berbeda itu.

Dengan segala keunggulannya itu, satu hal yang perlu dicatat, baterai yang diusung Galaxy S6 dan S6 Edge ini tidak bisa dilepas karena Samsung menganut desain unibody.

Desain unibody itu juga termasuk tidak adanya penyimpanan eksternal yang biasa difasilitasi oleh slot microSD di smartphone ini. Namun Samsung menyediakan tiga versi penyimpanan internal berbeda untuk Galaxy S6 dan S6 Edge, yaitu 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com